Pixel Code jatimnow.com

Peduli Lingkungan, Petrokimia Gresik Beri Bantuan Kontainer Sampah

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Sahlul Fahmi
Pgs. SVP Teknologi, Bambang Ariwibowo (kanan) saat menyerahkan bantuan kontainer sampah kepada Kepala DLH Gresik, Moh. Najikh (kiri) (Foto: Humas Petrokimia Gresik for jatimnow.com)
Pgs. SVP Teknologi, Bambang Ariwibowo (kanan) saat menyerahkan bantuan kontainer sampah kepada Kepala DLH Gresik, Moh. Najikh (kiri) (Foto: Humas Petrokimia Gresik for jatimnow.com)

Gresik - Petrokimia Gresik perusahaan Solusi Agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia memiliki komitmen kuat dalam pengelolaan sampah. Salah satu komitmen tersebut dengan memberikan dukungan bagi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik dalam menangani permasalahan sampah.

Belum lama ini, melalui Pgs. SVP Teknologi Petrokimia Gresik, Bambang Ariwibowo yang mewakili Direksi memberikan bantuan kontainer sampah kepada DLH Kabupaten Gresik. Bantuan kontainer sampah tersebut dapat menampung hingga 6 meter kubik sampah dalam satu kali pengangkutan.

Sekretaris Perusahaan Petrokimia Gresik, Yusuf Wibisono menjelaskan, tambahan kontainer ini bertujuan agar pengelolaan dan penataan limbah padat non-B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) mulai dari sampah rumah tangga, potongan pohon, sampah daun, sampah organik maupun plastik di wilayah Gresik bisa ditangani lebih baik.

Banner Morula IVF Landscape

"Bantuan ini merupakan wujud kolaborasi perusahaan dengan DLH Gresik untuk meningkatkan pengelolaan sampah di Gresik yang semakin padat menghuni sehingga sampah yang ditimbulkan juga semakin banyak,” kata Yusuf Wibisono, Rabu (19/1/2022).

Yusuf juga mengungkapkan, Petrokimia Gresik selama ini terus berupaya meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan penghargaan Propernas Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Propernas Emas adalah merupakan penghargaan tertinggi dalam pengelolaan lingkungan.

“Penghargaan Propernas Emas menjadi motivasi bagi perusahaan serta karyawan untuk terus meningkatkan standarisasi program di bidang lingkungan," ucap Yusuf.

Salah satu upaya Petrokimia Gresik dalam meningkatkan standarisasi program di bidang lingkungan yakni dengan menjalankan kampanye “Cerdas Berplastik”. Kampanye ini merupakan upaya aktif perusahaan dalam menekan sampah plastik.

Frasa "Cerdas Berplastik" dipilih karena hingga saat ini Petrokimia Gresik masih belum bisa sepenuhnya terlepas dari plastik. Hal ini dikarenakan hingga kini palstik masih menjadi bahan pembungkus yang paling efisien dan murah.

“Meski belum bisa sepenuhnya lepas dari penggunaan plastik. Namun penggunaannya harus bijaksana,” tegas Yusuf.

Kepala Dinas DLH, Mokh. Najikh mengapresiasi kepedulian dan peran aktif Petrokimia Gresik dalam penataan sampah di wilayah Gresik. Menurutnya bantuan kontainer dari Petrokimia Gresik ini sangat bermanfaat. Selain dapat memudahkan pengangkutan dan pengelolaan sampah juga dapat mengurangi permasalahan sampah di Kabupaten Gresik.

Loading...

"Semoga Petrokimia Gresik bersama DLH dapat terus bekerja sama dengan terus berkolaborasi dengan baik dalam mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Gresik," harap Najikh.

Loading...