Pixel Code jatimnow.com

Ridwan Kamil Nongkrong Bareng Crazy Rich Surabaya di Royale Durian, Bahas Ini

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Ridwan Kamil saat nongkrong bareng puluhan crazy rich Surabaya di Royale Durian. (Foto: Farizal Tito)
Ridwan Kamil saat nongkrong bareng puluhan crazy rich Surabaya di Royale Durian. (Foto: Farizal Tito)

Surabaya - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu dengan puluhan crazy rich Kota Pahlawan di Royale Durian di Jalan Dr. Ir. H. Soekarno MERR IIC, Surabaya, Jumat (21/1/2022) malam.

Dikemas dengan gaya kongkow ala anak muda, dan sembari mencicipi buah durian di gerai yang dirintis Tom Liwafa itu, Ridwan Kamil berbicara potensi ekonomi digital dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Pembahasan yang disampaikan RK sapaan akrab Ridwan Kamil itu, guna memotivasi para pemuda dalam menyongsong Indonesia menjadi negara yang ekonominya paling hebat dan keren di tahun 2045.

Banner Morula IVF Landscape

Pertemuan tersebut dilakukan Ridwan Kamil di sela-sela kunjungan dinasnya untuk bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beberapa hari yang lalu.

"Saya sangat senang atas undangan dari Mas Tom Liwafa ini, di sini kita bisa saling belajar dan memberi semangat terkait ekonomi digital yang saat ini sedang digandrungi para pemuda untuk mensejahterakan ekonomi itu," ujar Ridwan Kamil.

Menurut RK sapaan akrab Ridwan Kamil tersebut, NFT bisa menjadi peluang ekonomi yang booming sehingga pihaknya mengajak crazy rich yang faham tentang hal tersebut juga turut menularkan ilmunya pada masyarakat awam.

"Kita yang faham harus beradaptasi untuk membantu mereka-mereka yang tidak faham. Saya yakin 3-5 tahun suatu hari NFT aset digital ini menjadi suatu yang booming," ungkapnya.

Master of Urban Design lulusan University of California, Berkeley, Amerika Serikat ini juga berbicara peluang UMKM yang masih bisa berkembang di tengah pandemi ini, adalah bidang pangan atau usaha makanan. Seperti halnya bisnis baru Tom Liwafa yaitu gerai durian.

"Dimana ditempat usahanya Mas Tom ini duri-durianya 100 persen tidak impor karena mengambil langsung dari para petani durian yang ada diseluruh Indonesia. Sehingga kalau kita bisa hidup sejahtera dengan ekonomi lokal itu yah saya dukung," urainya.

"Kemarin waktu kerja sama dengan Ibu Gubenur Khofifah, bahwa salah satu poin kerjasamanya yaitu terkait jual beli bidang UMKM," imbuhnya.

Mantan walikota Bandung itu, juga sangat kagum dengan para crazy rich seluruh Indonesia, meskipun ekonomi tetap naik tapi tetap memegang teguh prinsip Pancasila, terutama pada sila ke lima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dia menilai jika nilai-nilai Pancasila itu yakni saling membantu dan menolong terhadap sesama. Sehingga bagi bagi crazy rich ini juga harus tetap melihat pada masyarakat yang ada di sekitarnya.

"Boleh lah kita buat slogan 'selalu cuan selalu memberi bantuan' jadi hidup itu ekonominya harus naik dan untung terus. Tapi jangan lupa dengan sekeliling kita juga harus tetap dibantu (sedekah/CSR). Orang kaya boleh makin kaya tapi jangan lupa dong di sekelilingnya bisa dibantu," ujar Ridwan Kamil.

Loading...

Sementara itu, mewakili puluhan crazy rich Surabaya, Tom Liwafa mengaku sangat bangga dan mengapresiasi kedatangan Ridwan Kamil terhadap undangannya pada kegiatan sharing pengetahuan dan peluang ekonomi.

"Karena beliau Kang Ridwan Kamil ini sangat adaptif dan melek terhadap ekonomi saat ini itu seperti apa. Jadi tentunya teman-teman itu sangat mensupport dan kedatangan beliau sangat disambut baik di sini," tukas Tom Liwafa.

Loading...