Pixel Code jatimnow.com

Minyak Goreng Kemasan Langka, Ibu-ibu di Surabaya Pilih Beli Curah

Editor : Arina Pramudita Reporter : Zain Ahmad
Minyak goreng curah yang dibeli Fety, menjadi opsi saat minyak goreng kemasan langka di ritel modern. (Foto: Zain Ahmad/jatimnow.com)
Minyak goreng curah yang dibeli Fety, menjadi opsi saat minyak goreng kemasan langka di ritel modern. (Foto: Zain Ahmad/jatimnow.com)

Surabaya - Sejumlah toko modern di Surabaya kehabisan stok minyak goreng kemasan, Senin (24/1/2022). Banyak ibu-ibu kecele saat masuk ritel. Mereka pun kecewa.

Dari penelusuran jatimnow.com, hal itu terjadi di ritel Indomaret daerah Mulyosari, Mulyorejo, Gubeng hingga Tambang Boyo. Bahkan, di dalam Indomaret, tidak tersedia rak khusus untuk tempat minyak goreng kemasan.

Ibu-ibu yang sudah masuk ke dalam Indomaret hendak membeli minyak goreng, akhirnya kembali pulang. Karena tidak ada stok minyak goreng yang dijual.

"Kosong semua (minyak goreng). Padahal kata kasirnya, kemarin saya tanya, hari ini kemungkinan ada stoknya. Tapi saya samperin lagi tetep aja kosong. Emboh wis mas (Nggak tau lah mas)," ungkap Fety, warga Mulyosari kepada jatimnow.com.

Wanita penjual gorengan dan pentol bakso ini akhirnya terpaksa membeli minyak goreng curah.

"Ini tadi ya terpaksa beli minyak goreng curah. Mau nggak mau mas. Masak ya saya nggak jualan kalau nggak ada minyak," ujarnya.

Fety sebenarnya tidak ingin mengecewakan pelanggannya. Namun, karena kondisinya seperti sekarang, ia harus tetap survive melayani pelanggannya, meski kualitas gorengannya tidak seperti biasanya.

Baca juga:
Catat Ibu-ibu! Mendag Zulkifli Sebut Minyak Goreng Rp14 Ribu Diluncurkan Besok

"Insha Allah pelanggan saya mengerti. Karena memang minyak goreng kemasan sekarang lagi susah dicari," tutur wanita 30 tahun tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Dinik. Wanita 37 tahun yang mempunyai usaha franchise ini. Ia juga terpaksa membeli minyak goreng curah untuk usahanya tersebut.

"Baru kali ini pakai minyak goreng curah. Ya, terpaksa. Mau gimana lagi. Tapi setiap goreng gitu, minyaknya saya saring," ujarnya.

Baca juga:
Begini Modus Perangkat Desa Gumulan Jombang Sunat Bansos Minyak Goreng

Penelusuran jatimnow.com sendiri memang di setiap ritel Indomaret hingga sekarang belum ada stok minyak goreng kemasan. Para kasir yang bekerja di toko modern itu menyebut, bahwa memang belum ada kiriman.

"Sementara masih kosong (minyak goreng). Belum tahu ada kiriman kapan," kata salah satu petugas kasir Indomaret di daerah Mulyosari dan Tambang Boyo.

Diketahui, per tanggal 19 Januari 2022, pemerintah membuat kebijakan bahwa harga minyak goreng kemasan per liternya Rp14 ribu di seluruh Indonesia. Namun, hingga sekarang, masyarakat sulit untuk membelinya.