Pixel Code jatimnow.com

Menikmati Empuknya Ayam Canton di Surabaya

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Fajar Mujianto
Ayam canton. (Foto-foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com)
Ayam canton. (Foto-foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com)

Surabaya - Menikmati kuliner di Surabaya seakan tidak ada habisnya, ayam canton salah satunya. Pamor ayam canton di Surabaya tidak pernah diragukan penikmatnya. Salah satunya ayam canton yang berada di Daiichi Resto Surabaya.

Awalnya ayam canton adalah masakan Chinese Food. Ciri khas dari resep ayam canton adalah kulitnya yang renyah dan gurih. Ayam canton dimasak dengan saus canton yang terkenal dengan rasa rempahnya.

Bahan yang sering digunakan dalam resep ayam canton adalah ayam, jahe, bawang putih, pekak (bunga lawang), cengkeh, kayu manis, kulit jeruk, dan lain-lain.

Banner Morula IVF Landscape

Memasak ayam canton dilakukan dengan ayam yang masih utuh. Hal ini memerlukan pemberian bumbu yang jauh lebih banyak agar semakin meresap.

Gozali (68) sang pemilik restoran mengatakan, yang membedakan ayam canton yang ada di Indonesia adalah tidak digoreng. "Mereka digoreng pakai minyak, kalau yang saya buat ini tidak pakai minyak melainkan dioven, jadi 100% low kolestrol atau rendah kolestrol," katanya.

Dengan waktu proses pembuatan selama 30 menit, tanpa chef, resep yang dibuat sendiri dengan bumbu yang sebagian diimpor dan sangat dirahasiakan, ayam canton yang dihasilkan memiliki rasa yang lebih empuk dan renyah.

Restoran yang berada di kawasan Manyar Kertoarjo dan telah berdiri selama empat tahun ini memiliki harga yang tergolong murah.

Loading...

Satu ekor ayam canton dibanderol Rp80.000. "Harga semestinya satu ekor ayam canton ini Rp150.000, karena ini harga promo saya jual hanya Rp80.000", ungkap Gozali.

Loading...