Pixel Code jatimnow.com

Cara Puskesmas Manduro Mojokerto Peringati Hari Gizi Nasional 2022

Editor : Arina Pramudita Reporter : Achmad Supriyadi
Kepala Puskesmas Manduro, dr Siska Widiyanti saat memberikan penyuluhan. (Foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)
Kepala Puskesmas Manduro, dr Siska Widiyanti saat memberikan penyuluhan. (Foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)

Mojokerto - Puskesmas Manduro, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto menggelar kegiatan dalam rangka Hari Gizi Nasional 2022.

Hari Gizi Nasional tahun 2022 mengusung tema "Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas", dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ngoro, Kabupaten Mojokerto.

Kegiatan itu dilakukan dengan pemeriksaan lingkar lengan atas, indeks massa tubuh, pemberian zat besi dan pencegahan stunting serta pencegahan pernikahan dini.

Banner Morula IVF Landscape

Kepala Puskesmas Manduro, dr Siska Widiyanti mengatakan, stunting merupakan gangguan dan perkembangan anak akibat kurang gizi yang ditandai tinggi badannya kurang atau di bawah standar.

"Kegiatan ini pentingnya kesehatan gizi dan makanan. Stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh dan pertumbuhan fisik," kata Siska, Selasa (25/1/2022).

Menurut Siska, stunting dan obesitas ini harus ditangani bersama agar meningkatkan sumber daya manusia yang bersaing.

"Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia menghadapi stunting dan obesitas. Stunting itu bukan karena keturunan, itu bisa dicegah dari pola makan, isi piring dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur dan buah buahan," tukasnya.

Obesitas bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes melitus atau kencing manis dan hipertensi atau darah tinggi.

Obesitas bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah dan sayur, mengurangi gula, garam dan lemak serta berolahraga secara rutin.

"Semua itu kita berikan informasi ke siswa agar menjaga kesehatannya dengan makan yang bergizi," tukasnya.

Loading...

Sementara Plt Kepala Sekolah SMPN 2 Ngoro, Nurul Cholidi menjelaskan, pihaknya merasa senang karena dilibatkan dengan giat Hari Gizi Nasional.

"Semua siswa senang, kita bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, kurangi makanan siap saji. Ke depannya kita juga akan mendirikan kantin gizi, nanti makanan yang ada di kantin harus yang bergizi," pungkasnya.

Loading...