Pixel Code jatimnow.com

Mengenal Grup Potehi Lima Merpati di Klenteng Hong Tiek Hian Surabaya

Editor : Redaksi
Grup Potehi Lima Merpati Surabaya (Foto-foto: Safrial Anggra/jatimnow.com)
Grup Potehi Lima Merpati Surabaya (Foto-foto: Safrial Anggra/jatimnow.com)

Surabaya - Klenteng Hong Tiek Hian di Jalan Dukuh No. 23, Nyamplungan, Pabean Cantikan, Surabaya bersiap menyambut Tahun Baru Imlek 2573. Salah satunya menggelar pertunjukan wayang potehi dari grup Lima Merpati.

Edi Sutrisno, dalang wayang potehi dari grup Lima Merpati mengatakan, untuk memperingati Tahun Baru Imlek Tahun 2022, grupnya akan memberikan pertunjukan khusus.

"Hari besar kita selalu memberikan pertunjukan khusus yang mengandung pesan-pesan suka cita, kebaikan dan keselamatan bagi masyarakat yang merayakan Tahun Baru Imlek ini," ujar Edi.

Banner Morula IVF Landscape

Selain selalu tampil saat perayaan Imlek, wayang potehi dari Lima Merpati ini juga biasa diundang untuk mengisi acara, mulai dari acara instansi, ulang tahun hingga peresmian tempat.

Wayang potehi dari grup Lima Merpati di Klenteng Hong Tiek Hian, SurabayaWayang potehi dari grup Lima Merpati di Klenteng Hong Tiek Hian, Surabaya

Namun di Klenteng Hong Tiek Hian, wayang potehi ini tidak hanya dipersembahkan untuk penonton. Juga dipersembahkan untuk menghormati dewa yang datang di klenteng setiap harinya.

"Biasanya mengisi acara di luar, mulai dari acara instansi atau hari bahagia seseorang. Tapi di klenteng ini, kita diberikan amanat dari ketua yayasan mempersembahkan wayang potehi untuk menghormati dewa di klentenk ini," jelas Edi.

Pertunjukan wayang potehi di Klenteng Hong Tiek Hian ini awalnya dijadwalkan tiga pertunjukan, yaitu pada jam 09.00, 13.00 dan 19.00 WIB. Namun, saat pandemi, grup Lima Merpati hanya memberikan satu judul pertunjukan pada jam 10.00 hingga 14.00 WIB.

 

Reporter: Safrial Anggra

Loading...

 

Loading...