Pixel Code jatimnow.com

Puting Beliung Terjang 4 Kecamatan di Probolinggo, Begini Dampaknya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mahfud Hidayatullah
Kolase dampak puting beliung yang menerjang 4 kecamatan di Probolinggo
Kolase dampak puting beliung yang menerjang 4 kecamatan di Probolinggo

Probolinggo - Puting beliung menerjang empat kecamatan di Kabupaten Probolinggo, sekitar pukul 16.30 WIB, Selasa (25/1/2022). Sejumlah rumah warga rusak dan beberapa pohon tumbang.

"Puting beliung terjadi di empat kecamatan. Namun yang parah hanya satu Kecamatan," kata Koordinator Pusdalop BPBD Kabupaten Probolinggo, Aris Setiawan.

Berdasarkan data yang diterima BPBD Kabupaten Probolinggo, puting beliung menerjang Gang Shampo Desa Bayeman, Kecamatan Tongas. Di sini pohon tumbang menutup sebagian akses jalan. Lalu pohon tumbang di beberada desa di Kecamatan Sumberasih.

Banner Morula IVF Landscape

Kemudian di Kecamatan Banyuanyar, sejumlah pohon tumbang akibat puting beliung menutup sebagian akses jalan di beberapa desa hingga bangunan roboh.

Lalu di Kecamatan Kotaanyar, puting beliung di Desa Sambirampak Lor menyebabkan tiga rumah rusak sedang dan 9 rumah rusak ringan.

"Yang paling terdampak Kecamata Banyuanyar, yaitu menerjang lima desa. Tidak hanya pohon tumbang, tapi bangunan dan rumah warga rusak," jelas Aris.

Petugas BPBD bersama petugas gabungan dan warga langsung membersihan pohon tumbang yang menutup akses jalan setelah hujan deras disertai angin kencang itu berakhir.

Loading...

"Untuk rumah warga dan bangunan yang rusak masih dilakukan pendataan berapa jumlah pastinya," tandasnya.

Loading...