Pixel Code jatimnow.com

Semangati Penegak Hukum, 2 Advokat Muda Rilis Lagu Justitia

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Zain Ahmad
Tangkapan layar.
Tangkapan layar.

Surabaya - Perihatin dengan kondisi moral para aparat penegak hukum yang kian merosot, dua advokat muda asal Surabaya ciptakan sebuah lagu. Berkolaborasi dengan musisi MCH Nine feat Allen, advokat muda Billy Handiwiyanto dan Michael Christ Harianto merilis lagu berjudul Justitia.

Billy Handiwiyanto, ide kreatif dan penggagas terciptanya lagu Justitia mengaku sedih dan miris melihat kemerosotan moral para penegak hukum di Indonesia.

Penangkapan hakim Itong Isnaeni Hidayat, hakim yang bertugas di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya dan Panitera Pengganti (PP) Mohammad Hamdan, makin memperburuk citra moralitas aparat penegak hukum.

"Sebagai anak muda yang juga berkecimpung didunia penegakan hukum, kami ingin mengajak seluruh elemen penegak hukum khususnya di Surabaya untuk menjaga marwah penegakan hukum di Indonesia," ujar Billy, Kamis (27/1/2022).

Melalui lagu ini, Billy ingin mengajak seluruh aparat penegak hukum untuk lebih berwibawa dan memperhatikan hak-hak para pencari keadilan.

"Nyalakan api kebenaran untuk Indonesia yang lebih baik dan lebih bermartabat. Hakim, jaksa, polisi dan advokat adalah catur wangsa penegak hukum," tegas Billy.

Baca juga:
Resmi Dikukuhkan, LBH Ansor Surabaya Siap Advokasi Warga Kurang Mampu

Sebagai catur wangsa penegak hukum, hakim, jaksa, polisi dan advokat, harus tetap berpegang teguh menegakkan hukum demi rasa keadilan dalam masyarakat.

Billy menuturkan, untuk membuat lagu Justitia ini, ternyata tidaklah mudah. Hal ini diungkapkan Michael Christ Harianto. Menurutnya, dibutuhkan waktu tiga bulan. Mulai penggarapan naskah sampai finishing.

"Semua kami curahkan untuk terciptanya lagu Justitia. Dalam pembuatan lirik pun, kami harus memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan tujuan dibuatnya lagu ini, yaitu mengajak para aparat penegak hukum, berkomitmen melakukan penegakan hukum di Indonesia," tambah Michael.

Baca juga:
Lama Mati Suri, DPD IPHI Jatim Bangkit Gelar PKPA dan UCA

Lagu Justitia sendiri, berisikan jeritan hati para pencari keadilan untuk para penegak hukum. Dalam syair lagu Justitia ini juga, ada ajakan untuk tetap menegakkan hukum atau Justitia Ruat Caelum, walaupun langit runtuh.

Untuk proses rekaman atau recording, sambung Michael, dilakukan distudio MCH yang beralamat di Jalan Klampis Megah Surabaya.

Dalam lagu Justitia ini, Michael Christ Harianto sebagai penulis lagu, arransemen musik. Posisi vokal diisi Allen.