Pixel Code jatimnow.com

Pembangkit Listrik Terapung Buatan PT PAL Siap Beroperasi di Indonesia

Editor : Arina Pramudita Reporter : Jajeli Rois
PT PAL Indonesia bekerja sama dengan PT Indonesia Power membangun pembangkit listrik terapung Barge Mounted Power Plant BMPP yang diberi nama Nusantara 1. (Foto: dok PT PAL Indonesia/jatimnow.com)
PT PAL Indonesia bekerja sama dengan PT Indonesia Power membangun pembangkit listrik terapung Barge Mounted Power Plant BMPP yang diberi nama Nusantara 1. (Foto: dok PT PAL Indonesia/jatimnow.com)

Surabaya - PT PAL Indonesia bekerja sama dengan PT Indonesia Power membangun pembangkit listrik terapung Barge Mounted Power Plant (BMPP) yang diberi nama Nusantara 1, dan siap beroperasi di wilayah Indonesia.

Pembangkit listrik terapung BMPP Nusantara 1 yang mampu menghasilkan daya 60 megawatt (MW) ini menjadi secercah cahaya dari anak bangsa untuk Indonesia, dalam memenuhi elektrifikasi daerah terpencil serta mendukung program 35.000 MW yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

Melalui akun Instagram @ptpal_Indonesia sebagaimana dilihat jatimnow.com, Kamis (27/1/2022), BMPP Nusantara 1 awalnya bernama Famajjah yang diambil dari nama pahlawan wanita asal Sulawesi, karena BMPP1 awalnya direncanakan berlokasi di Kolaka, Sulawesi Utara.

Banner Morula IVF Landscape

Namun dengan adanya perubahan penempatan yang bersifat mobile di seluruh wilayah Indonesia, maka disepakati untuk penggantian nama menjadi BMPP Nusantara 1. Nama pembangkit listrik terapung itu diharapkan dapat memberikan manfaat kelistrikan untuk masyarakat Indonesia.

Keunggulan dari BMPP Nusantara 1 yakni, menggunakan proven dan robust design. Memiliki compact size dengan draf yang rendah sehingga dapat dioperasikan di perairan dangkal dan daerah terpencil.

BMPP Nusantara 1 bersifat mobile, sehingga mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, termasuk bila dibutuhkan pada situasi darurat seperti saat terjadinya bencana alam.

Menggunakan dual fuel engine yang reliable, sehingga sangat fleksibel pada lingkungan yang ekstrem. Juga mampu beroperasi selama 20 tahun tanpa docking.

BMPP Nusantara 1 akan dilakukan commissioning di Ambon dengan penyerapan tenaga kerja lokal. Namun, tidak menutup kemungkinan BMPP Nusantara 1 dipergunakan untuk perbantuan pemenuhan elektrifikasi daerah terpencil lainnya.

Loading...

Rencananya, delivery to site (sail away) BMPP Nusantara 1 akan dilaksanakan pada Jumat (28/1/2022) di PT PAL Indonesia, Tanjung Perak, Kota Surabaya.

Loading...