Jatim Memilih

Keliling ke Sejumlah TPS, Bupati Anas: Partisipasi Warga Meningkat

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Bupati Anas saat ke TPS-TPS/Foto: Hafiluddin Ahmad

jatimnow.com – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dan Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko bersama Forpimda dan anggota tim monitoring Provinsi Jawa Timur, Danang Sumiharta berkeliling memantau ke beberapa TPS di Banyuwangi.

Rombongan Bupati Anas ini mengunjungi TPS 05 Kelurahan Panderejo, TPS 04 Kelurahan Kampung Mandar, TPS 09 Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi dan TPS 01 Villa Bukit Mas Kelurahan Pengantigan, Kecamatan Giri.

Di setiap TPS yang disinggahi, Anas memantau perlengkapan coblosan, seperti surat suara, kotak suara dan bilik suara. Selain itu, Bupati 44 tahun itu juga memperhatikan pernak-pernik TPS-TPS.

Misalnya di TPS 04 Kampung Mandar, TPS-nya dikelilingi puluhan doorprize yang diikatkan pada tenda TPS. Seperti, mie instan, sapu ijuk, gelas plastik, tempat sampah dan lain-lain tampak bergelantungan.

“Ini menarik. Ini untuk menarik warga ya. Ini gratis juga,” tanya Bupati Anas pada salah seorang petugas.

Salah seorang petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) menjawab, “Ya Pak. Ini kita berikan secara gratis kepada warga agar mereka semangat datang ke TPS,” ujarnya.

Dari TPS 04, Bupati beserta rombongan melanjutkan ke TPS 05 Kelurahan Panderejo dan TPS 09 Singonegaran. Di TPS ini, ornamen khas Banyuwangi seperti barong juga dipampang. Bupati Anas juga melakukan hal yang sama.

Usai melihat sejumlah TPS, Bupati Anas menyatakan pelaksanaan Pilgub di Banyuwangi berlangsung lancar dan aman.

“Secara umum, setelah saya keliling tadi pelaksanaannya bagus, aman dan berjalan lancar. Bahkan, tadi banyak orang tua mengajak anaknya datang ke TPS. Dengan mengajak anak ke TPS seperti ini, saya kira ini suatu pelajaran yang bagus untuk mengenalkan proses demokrasi sejak dini kepada anak. Ini sangat bagus,” kata Anas.

Selain itu, Bupati Anas menilai inovasi di sejumlah TPS dalam menyambut pesta demokrasi 5 tahunan ini, seperti menyediakan doorprice itu patut mendapatkan diapresiasi.

“Ini sesuatu yang patut diapresiasi. Semoga antusiame dan keterlibatan masyarakat yang tertib ini menunjukkan bahwa kesadaran berpolitik warga Banyuwangi semakin meningkat," pungkas Bupati Anas. 

Sebelum memantau pemilu ke TPS, Bupati Anas bersama Ipuk Azwar Anas telah memberikan hak suaranya dengan mencoblos di TPS 04 RT 04/05 Lingkungan Krajan, Kelurahan Kebalenan.

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter