Pixel Code jatimnow.com

Sensasi Petik Stroberi Langsung dari Kebun di Lereng Gunung Arjuno Kota Batu

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Salah satu wisatawan memetik stroberi langsung dari kebun di Kota Batu (Foto-foto: Lumbung Stroberi for jatimnow.com)
Salah satu wisatawan memetik stroberi langsung dari kebun di Kota Batu (Foto-foto: Lumbung Stroberi for jatimnow.com)

Kota Batu - Wisatawan yang datang ke Kota Batu bisa berwisata sambil memetik buah stroberi di Lumbung Stroberi Dusun Pandan, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Dusun Pandan memiliki potensi alam yang menghasilkan buah stroberi. Selain itu, mayoritas petani di dusun ini adalah petani stroberi. Potensi itu dimanfaatkan oleh unit usaha desa sebagai tempat wisata sekaligus menjadi ciri khas dari Dusun Pandan.

Di Lumbung Stroberi Dusun Pandan ini, pengunjung bisa melihat kebun stroberi yang membentang subur. Pengunjung juga akan diajak mempelajari seluk-beluk stroberi mulai dari pembibitan hingga panen.

Banner Morula IVF Landscape

Jika masih belum puas, pengunjung bisa memetik sendiri buah stroberi yang dipilih.

Yang membedakan Lumbung Stroberi Dusun Pandan dengan tempat wisata petik buah lainnya adalah lokasinya yang terletak di antara Gunung Arjuno dan Panderman.

Sehingga, pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Jika sudah lelah seharian beraktivitas, pengunjung bisa bersantai di kafe serba olahan stroberi yang berada di satu kawasan dengan Lumbung Stroberi.

Pengunjung juga bisa membeli oleh-oleh stroberi untuk hantaran di sini. Selama masa pandemi, Lumbung Stroberi menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dengan batas tertentu, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dengan sabun, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Salah satu wisatawan memetik stroberi langsung dari kebun di Kota BatuSalah satu wisatawan memetik stroberi langsung dari kebun di Kota Batu

Pengelola Lumbung Stroberi Dusun Pandan, Andri Triawan mengatakan, begitu menginjakkan kaki di Lumbung Stroberi, wisatawan langsung disambut keramahan pegawai dengan dipersilahkan untuk meneguk welcome drink berupa jus stroberi.

"Setelah itu wisatawan bisa memetik stroberi di Lumbung Stroberi dengan biaya hanya Rp 25 ribu per orang. Wisatawan juga bisa mendapatkan fee makan di kebun maksimal lima buah," ujarnya.

Jika masih ingin makan stroberi lebih banyak, wisatawan tinggal membeli stroberi yang dipetiknya.

"Hasil petiknya bisa dibawa pulang dengan ditimbang Rp 6 ribu per onsnya," ujar Andri.

Salah satu wisatawan asal Blitar, Azizah mengatakan bahwa ia tertarik datang ke sini bersama keluarganya karena penasaran dan ingin memberikan edukasi kepada kedua anakanya.

Loading...

"Tentu berbeda dan seru bisa memetik stroberi langsung di kebunnya. Belum pernah petik buah stroberi seperti ini, berharga sekali," ungkap Azizah.

Lumbung Stroberi adalah obyek wisata yang dikelola Bumdes Rahardjo, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Di Lumbung Stroberi ini terdapat Café Stroberi serta obyek wisata petik stroberi di dalamnya.

Jarak dengan pusat kota cukup dekat. Hanya saja untuk mencapai tempat ini wisatawan harus menggunakan transportasi pribadi atau naik transportasi online karena letaknya jauh dari jalan raya.

Loading...