Pixel Code jatimnow.com

Resmi Pimpin DPD HNSI Jatim, Nur Arifin Berkomitmen Sejahterakan Nelayan

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Pelantikan pengurus DPD HNSI Jawa Timur di Grahadi (Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)
Pelantikan pengurus DPD HNSI Jawa Timur di Grahadi (Ni'am Kurniawan/jatimnow.com)

Surabaya - Mochamad Nur Arifin bersama pengurus DPD Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jawa Timur resmi dilantik. Pelantikan berlangsung di Gedung Negara Grahadi, Senin (21/2/2022) malam.

Disaksikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, pelantikan berlangsung secara khidmat. Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Umum (Ketum) HNSI Mayjen Marinir (Purn) H Yusuf Solihin Marta Diningrat.

"Sesuai arahan Bu Gubernur selain kita ngomong perikanan tangkap dan budidaya juga diminta untuk bagaimana ketahanan hidup nelayan karena di pesisir masih banyak anak yang kurang gizi ada pendidikan yang kurang," ujar Nur Arifin saat ditemui usai pelantikan.

Pria yang juga menjabat Bupati Trenggalek itu berkomitmen dalam kepemimpinannya lima tahun kedepan akan berupaya membawa kesejahteraan bagi kaum nelayan dan keluarganya.

Baca juga:
Dua Kapal Nelayan Tuban Tenggelam Diterjang Ombak, Nasib 8 ABK...

"Kita undang BPJS, nelayan ini kan pekerja sektor informal, bukan penerima upah. Nah itu bagaimana ayahnya mereka itu terproteksi dengan BPJS ketenagakerjaan yang di dalamnya ada manfaat beasiswa bagi anaknya," jelasnya.

"Trus kemudian Bu Gubernur memberikan 5 persen kuota untuk anak-anak yang sektor khusus ya yang rentan termasuk yang berasal dari keluarga nelayan di pessisir. Ini kan termasuk upaya afirmasi dari pemerintah provinsi yang kita tangkap di arahan ibuk," sambungnya.

Baca juga:
Saat Nelayan di Trenggalek Dilatih Membaca Informasi Kemaritiman

Di sisi lain untuk meningkatkan laba dari pada nelayan, Cak Ipin sapaan akrabnya, juga berencana membangun komunikasi dan kerja sama untuk distribusi ikan. Sehingga, komitmen antara nelayan dan perusahaan bisa terjaga.

"Kalau peningkatan produktivitas kita sepakat di bisnis matching jadi sebenarnya nelayan itu kalau musim ikan tidak tahu mau jual dimana. Sedangkan tadi ibu cerita banyak perusahaan-perusahaan yang nggak tahu cari ikan dimana, nah ini kan tinggal dipertemukan mintanya ikan apa? Kemudian dibutuhkan market itu dibutuhkan di bulan-bulan apa? Atau ketika musim ikan itu dibulan-bulan apa?" jelas Ipin.