Pixel Code jatimnow.com

Erupsi Gunung Agung di Bali, 2 Penerbangan di Banyuwangi Dibatalkan

Reporter : Erwin Yohanes
Bandara Banyuwangi
Bandara Banyuwangi
jatimnow.com - Akibat erupsi dari Gunung Agung di Bali, 2 penerbangan dari Jakarta dan Surabaya ke Bandara Banyuwangi dibatalkan.
 
Pembatalan penerbangan itu dilakukan lantaran sebaran abu vulkanik dari Gunung Agung memenuhi langit Banyuwangi hingga mencapai 8.000 sampai 23.000 kaki. 
 
Edy Febriansyah selaku Asisten Manager of Safety Risk and Quality Control Bandara Banyuwangi mengatakan, setelah pihaknya berkoordinasi dengan otoritas penerbangan Wilayah III Surabaya yang menyatakan waspada terhadap abu vulkanik di wilayah udara Bandara Banyuwangi untuk landing dan take off.
 
"Yang cancel untuk hari ini sudah dua penerbangan atau 4 penerbangan take off-landing Garuda 7302 dan Citylink 700 dari Suarabaya," kata Edy kepada wartawan, Jumat (29/6/2018).
 
Meskipun demikian, lanjut Edy, Bandara Banyuwangi masih melayani penerbangan dengan tujuan Surabaya dan Jakarta pasca erupsi Gunung Agung Bali. 
 
Selain itu, untuk mewaspadai adanya perubahan cuaca yang dapat mengganggu lalu lintas penerbangan pihaknya telah menyiapkan posko yang dapat meng-update informasi perkembangan sebaran abu vulkanik di langit Banyuwangi.
 
"Terkait perkembangan abu vulkanik Gunung Agung kita siapkan meja dan kursi dalam menangani jadwal bagi penumpang," tegasnya.
 
Hingga saat ini, tambah Edy, Bandara Banyuwangi masih melayani penerbangan dengan tujuan Banyuwangi- Surabaya dan Jakarta maupun arah sebaliknya.
 
Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Erwin Yohanes
 

 

Baca juga:
Gunung Agung di Bali Belum Stabil, PVMBG: Masih Berpotensi Erupsi