Pixel Code jatimnow.com

Di Ponorogo Ada Benih Porang Menjelma Pohon Pisang Raksasa, Masak Sih?

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mita Kusuma
Pisang raksasa di Ponorogo (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
Pisang raksasa di Ponorogo (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Ponorogo - Sebatang pohon pisang tumbuh jumbo di tanah pekarangan milik Ladi Harjo, 70, warga Desa Jurug, Sooko, Ponorogo, Jawa Timur. Disebut jumbo, karena diameter batang pohon sekitar 190 centimeter dengan tinggi hampir empat meter.

Pohon pisang raksasa itu disebut dari Papua, atau pisang musang igens yang tumbuh di Papua. Pohon pisang yang mengalami gangguan pertumbuhan layaknya gigantisme hingga meraksasa, itu baru berumur beberapa bulan.

Tanaman tersebut kemudian jadi tontonan. Bahkan ada kepercayaan tertentu yang dibawa mereka ketika melihat pohon pisang raksasa itu.

Banner Morula IVF Landscape

"Katanya sih membawa keberuntungan. Banyak warga dari luar kota kesini untuk melihat pohon pisang raksasa ini," ujar Kepala Desa Jurug, Sukamto, Jumat (2/3/2022).

Sukamto menjelaskan, bahwa si pemilik lahan awalnya bercocok tanam porang di tanah tegal seukuran 15 meter x 65 meter tersebut. Pemilik lahan itu membeli benih atau katak porang.

Tidak ada kecurigaan dari pemilik lahan. Namun seiring berjalannya waktu ada satu tanaman tumbuh dengan bentuk akar mirip jagung tapi bentuk daunnya seperti pohon pisang.

Tanaman itu kembali berubah bentuk dua bulan kemudian. Batang bagian bawah menyerupai tanaman sawi mangkok dengan tinggi sekitar 1,5 meter. Berganti bulan, pemilik lahan meyakininya sebagai pohon pisang jenis tertentu lantaran ukurannya di atas rata-rata.

"Kalau tanaman porangnya sekarang setinggi satu meter," jelas Sukamto.

Hal itu kemudian viral. Banyak foto menyebar ke media sosial. Warga dari luar kota berdatangan. Mereka juga penasaran dengan kabar pisang raksasa.

Mereka datang ada yang membawa misi tertentu. Karena diyakini pohon pisang raksasa ini membawa keberuntungan tertentu.

Menurutnya, hingga kini Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dipertahankan) Ponorogo belum turun ke lokasi. Hanya pihak Kecamatan Sooko yang ke lokasi

"Katanya sih mau diteliti jenis pisangnya apa. Bekerja sama dengan pihak kampus gitu kabarnya," ucap dia.

Loading...

Sementara salah satu pengunjung, Kadirin, jauh-jauh dari Trenggalek ke Ponorogo hanya ingin melihat pohon pisang raksasa. "Di media sosial kan penasaran. Pas ke Ponorogo mampir eh bener buesarr, " pungkasnya

 

Loading...