Pixel Code jatimnow.com

Diproyeksikan Jadi Ekowisata, Reboisasi di Pesisir Lamongan Digalakkan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Dandim 0812 Lamongan Letkol Kav Endi Yusuf saat penanaman pohon mangrove di Pantai Desa Sedayulawas (Foto: Humas Kodim Lamongan for jatimnow.com)
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi didampingi Dandim 0812 Lamongan Letkol Kav Endi Yusuf saat penanaman pohon mangrove di Pantai Desa Sedayulawas (Foto: Humas Kodim Lamongan for jatimnow.com)

Lamongan - Reboisasi di pesisir Lamongan rutin dilakukan sebagai upaya pelestarian lingkungan. Kali ini, ratusan pohon mangrove ditanam di Pantai Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong, Jumat (4/3/2022).

Kegiatan tersebut digelar oleh Kodim 0812 Lamongan sebagai aplikasi program Kodam V Brawijaya untuk mendukung pelestarian lingkungan hidup dengan rehabilitasi hutan mangrove.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, Dandim 0812 Lamongan, Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf, kepolisian, aktivis pecinta lingkungan hingga pelajar.

Banner Morula IVF Landscape

Dandim 0812 Lamongan, Letkol Kav Endi Siswanto Yusuf menuturkan, reboisasi dilakukan sebagai langka antisipasi bencana maupun menambah kawasan ekosistem terpadu. Juga mengurangi abrasi akibat dampak ombak laut.

"Bentuk antisipasi dalam mengurangi abrasi di wilayah Lamongan," ungkap Endi di sela kegiatan.

Endi menambahkan, penanaman mangrove banyak memiliki fungsi di antaranya dapat menjadi tumbuh kembang biak biota laut.

"Kegiatan ini merupakan upaya membatu program pemerintah pusat untuk memelihara dan menjaga kelestarian lingkungan," paparnya.

Endi menyebut, abrasi perlahan akan menggerus daratan dan lambat laun juga menyebabkan penyempitan garis pantai. Oleh karena itu, rehabilitasi mangrove harus rutin digalakkan.

"Pemerintah Kabupaten Lamongan akan membuka peluang investasi wisata hutan mangrove dan terus menggali potensi-potensi yang ada di pesisir pantai, yang diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," tandasnya.

Loading...

 

Loading...