Pixel Code jatimnow.com

Antisipasi Kelalaian, PSSI Beri Alat Tambahan untuk Wasit Liga 1

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zain Ahmad
Logo PSSI (Foto: Akun Twitter @PSSI
Logo PSSI (Foto: Akun Twitter @PSSI

Surabaya - Komite Wasit PSSI akan memberi alat tambahan untuk perangkat wasit yang bertugas di lapangan. Hal itu dilakukan menyusul banyaknya keputusan kontroversi di BRI Liga 1 2021/2022. Juga untuk mengantisipasi kelalaian wasit.

Alat tambahan untuk perangkat wasit ini akan diberlakukan mulai hari ini, Rabu (9/3/2022) atau di pekan ke-30 Liga 1 Nasional.

"Liga 1 pakai alat tambahan mulai hari ini tanggal 9 (Maret). Alatnya sudah di Bali," jelas Ketua Komite Wasit PSSI, Ahmad Riyadh dalam rilisnya.

Banner Morula IVF Landscape

Riyadh menyebut, alat baru ini berupa gelang dan tongkat. Nantinya alat ini akan dipakai oleh wasit. Tak hanya itu, asisten wasit yang ditugaskan di Liga 1 juga akan ditambah menjadi empat orang.

Para wasit yang bertugas di Liga 1 juga sudah diberi pelatihan alat terbaru ini. Bahkan pihaknya mengaku telah melakukan simulasi pada dua hari lalu secara berturut-turut.

"Alat itu ada simulasinya tanggal 6-7 (Maret). Trainingnya sudah dari AFC (Federasi sepak bola Asia). Ada gelang dan tongkat," jelas Riyadh.

Dia menyebut, tambahan alat dan asisten wasit ini untuk mengantisipasi kelalaian wasit. Seperti halnya pertandingan Persebaya Vs Madura United, wasit membuat keputusan kontroversial ketika striker Persebaya Samsul Arif dijatuhkan bek Madura United, Fachrudin di kotak penalti tapi tidak pelanggaran.

Loading...

"Itu upaya (dengan mendatangkan alat). Ke depan penugasan wasit saya pakai (direktur wasit dari) Jepang dan Korea. Bukan wasit asing, direkturnya (yang dari Jepang dan Korea)," pungkas Riyadh.

Loading...