Warga Manukan Kulon Antusias Ikuti Coblosan Ulang di TPS 49

Editor: Erwin Yohanes Narendra Bakrie / Reporter:

Suasana coblos ulang di TPS 49 Manukan Kulon Surabaya.

jatimnow.com -  Meski mengulang pencoblosan, warga yang masuk DPT (daftar pemilih tetap) di TPS (tempat pemungutan suara) 49 Manukan Kulon Surabaya, masih terlihat antusias.

Minggu (1/7/2018) hingga pukul 10.00 Wib, dari 381 DPT terlihat sudah 100-an lebih yang datang ke TPS tersebut menggunakan hak pilihnya. Pemilihan ulang di TPS ini, bakal dilakukan hingga pukul 13.00 Wib.

Andi, salah satu warga setempat yang tercatat dalam DPT mengaku tidak mempermasalahkan dirinya mencoblos ulang. Andi bahkan mengaku senang dengan adanya pemungutan suara ulang itu.

Andi mengaku tidak terbebani dengan pemungutan suara ulang ini. Menurut dia, warga lain yang juga masuk DPT cukup antusias untuk mengikutinya.

Sebab menurutnya, pemungutan suara ulang itu sebagai upaya untuk mengantisipasi kecurangan pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jawa Timur kali ini.

"Terus ini upaya ini saya nilai bagus. Warga juga masih kelihatan antusias. Karena warga sekarang ini sudah cerdas. Saya pribadi tidak mengeluh," sebut Andi.

Di tempat yang sama, Miftakhul Gufron Komisioner KPU Surabaya mengatakan pemilihan suara ulang ini dilakukan atas temuan pemilih ganda, yang terjadi pada Rabu (27/6/2018) lalu.

Dimana ada pasangan suami istri (pasutri) yang menggunakan hak pilihnya di TPS 49 menggunakan hak suara milik pasutri lain.

Gufron menambahkan, dari hasil kajian sementara, pihaknya masih belum menemukan unsur kesengajaan dari pasutri tersebut.

Dia juga mengakui, bahwa pelanggaran itu, justru menjadi bagian dari kelalaian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Pasutri itu kan sudah mencobloa di TPS lain. Seharusnya, petugas bisa mengecek jari kelingking pemilih. Kan setiap pemilih yang sudah mencoblos, ditandai dengan tinta ungu," beber Gufron.

Atas kelalaian petugas KPPS itu, lanjut Gufron, dalam pemungutan suara ulang ini, petugas KPPS yang bertugas sebelumnya tidak digunakan lagi.

Pihak KPU Surabaya telah menggantinya dengan petugas KPPS yang baru yang sudah diberikan pelatihan yang cukup.

Pelaksanaan pemungutan suara ulang di TPS 49 Manukan Kulon ini sendiri dijaga ketat oleh sejumlah petugas kepolisian dan TNI.

Reporter: Narendra Bakrie

Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter