Emil Jemput Menteri BUMN di Banyuwangi, ini Penjelasan Demokrat

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

foto; istimewa

jatimnow.com - Cawagub Jatim terpilih Emil Dardak di Banyuwangi menjemput dan mendampingi Menteri BUMN Rini Soemarno.

Partai Demokrat Banyuwangi mengaku mendapat pemberitahuan jika Emil ke Banyuwangi secara mendadak.

Ketua Partai Demokrat Banyuwangi yang juga Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Emil Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto saat dikonfirmasi mengakui tidak mengetahui rencana Emil.

"Pertama saya tidak diberitahu jika mas Emil di Banyuwangi. Mas Emil hanya menelepon saya (pagi tadi) memberitahu bahwa beliau di Banyuwangi mendampingi Ibu Menteri BUMN," ungkapnya kepada jatimnow.com, Minggu (1/7/2018).

Saat telepon, Emil juga mengaku akan mengucapkan terima kasih kepada warga Banyuwangi karena menang dalam Pilgub Jatim yang perolehan suaranya juga unggul di kabupaten paling ujung timur Jawa ini.

Sayangnya, Michael yang partainya mengusung Khofifah-Emil itu mengaku tidak bisa mendampingi Cawagub Jatim terpilih tersebut.

"Saya juga kebetulan dipanggil Ibu Khofifah untuk mendampingi Mas AHY ke kediaman beliau," tambah pria yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, ini.

Michael meminta agar pertemuan Emil dan Rini Soemarno di Banyuwangi, tidak dikaitkan dengan kemenangan suara Khofifah-Emil di wilayah-wilayah perkebunan.

"Saya jamin bahwa paslon 1(Khofifah Emil) tidak ada pengkondisian dan murni melakukan pendidikan politik ke masyarakat," tegasnya.

Michael juga menilai jika masyarakat perkebunan sudah mengalami kemajuan luar biasa dalam berpolitik.

"Kalau (masyarakat) perkebunan memilih Paslon 1 saya yakin masyarakat kebun sudah cerdas dan tahu mana gubernur yang layak dipilih," pungkas dia menanggapi isu yang beredar.

Rini dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat di Banyuwangi. Di antaranya melakukan panen kopi di Gunung Gumitir, meninjau potensi wisata Pulau Merah, dan mengecek lokasi pabrik baru PT INKA di kawasan Secang.

Bupati Trenggalek itu juga terlihat satu mobil dengan Rini. Menaiki mobil Toyota Alphard bernomor polisi RI 45.

Kabag Protokol Pemkab Banyuwangi Juang Pribadi mengatakan, berdasarkan jadwal yang diterima dari staf protokol Kementerian BUMN, Menteri Rini bakal berada di Banyuwangi hingga Minggu sore. Namun jadwalnya berubah.

Rini yang didampingi anak buahnya serta direksi PT Perkebunan Nusantara (PTPN), BNI, PT KAI, BTN, dan Bank Mandiri itu selanjutnya sore ini langsung melanjutkan perjalanan menuju Sulawesi.

"Sore ini terbang ke Makassar dengan pesawat carteran. Tidak jadi sampai Minggu," kata Juang kepada jatimnow.com.

Kedatangan Rini ini sempat membuat bingung forpimda Banyuwangi. Sebab, Forpimda yang dipimpin Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko menjemput di pintu keluar penumpang.

Namun, Rini memilih lewat pintu lain yang biasa disebut pintu darurat sehingga tidak bisa menyambut Rini secara langsung.

Foto Emil yang menjemput Rini di Bandara Banyuwangi itu juga viral di media sosial.

Reporter: Irul Hamdani

Editor: Budi Sugiharto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter