Pixel Code jatimnow.com

Pipa Berhasil Diperbaiki, Warga Kota Batu Tak Lagi Krisis Air Bersih

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Galih Rakasiwi
Petugas Perumdam Among Tirto Kota Batu saat memperbaiki pipa rusak akibat longsor.(Foto: Perumdam Among Tirto to Jatimnow.com)
Petugas Perumdam Among Tirto Kota Batu saat memperbaiki pipa rusak akibat longsor.(Foto: Perumdam Among Tirto to Jatimnow.com)

Kota Batu - Perumdam Among Tirto berhasil memperbaiki pipa yang rusak akibat diterjang longsor. Dengan demikian, warga Kota Batu tidak lagi mengalami krisis air bersih.

"Akibat rusaknya pipa, 70 persen pelanggan kami tidak bisa teraliri air bersih. Alhamdulillah sekarang sudah normal dan bisa teraliri dengan lancar," kata Ketua Tim Penanggulangan Bencana yang juga menjabat Kepala Bagian Hublang Perumdam Among Tirto Ikhwan Hadi, Sabtu (12/3/2022).

Dari kejadian tersebut, jumlah air hilang yang sebanyak 7627,88 meter kubik. Sedangkan harga air yang hilang senilai Rp17.892.489,28. Selain itu juga ada kerugian material meliputi pipa dan aksesoris yang nilainya kurang lebih Rp20.685.000.

Baca juga:
KJRI Penang Tegaskan Kota Batu Daerah Impian Berwisata Warga Malaysia

"Pipa rusak akibat longsor setelah hujan dengan intensitas cukup lama terjadi pada Kamis (10/2/2022). Di situ ada pipa transmisi, yakni pipa ukuran 12 inch, 10 inch dan 8 inch yang terputus," imbuhnya.

Namun karena kondisinya yang berada di kawasan miring, perlu ada pondasi untuk mengganjal keberadaan pipa. Hal itu tengah diupayakan Perumdam Among Tirto kepada Pemkot Batu agar kebutuhan pondasi bisa dibangun. "Pipa yang kami perbaiki sifatnya menggantung. Makanya kami sudah koordinasi dengan Pemkot Batu untuk segera melakukan perbaikan. Pipa tetap berada di situ namun pondasi pengaman perlu diperkuat,” paparnya.

Baca juga:
Waduh, Ada Surat Selebaran Dugaan Pungli di Desa Sidomulyo Kota Batu

Sebelumnya, banyak warga mengantre untuk mendapatkan air bersih yang dipasok Perumdam Among Tirto. Air tidak bisa mengalir karena pipa inti yang berada di Sumber Banyuning rusak akibat longsor di kawasan Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Rabu (9/3/2022). Akibatnya beberapa wilayah di Kota Batu kesulitan air bersih. Pasalnya material longsor menyebabkan 3 pipa mengalami kerusakan. Yakni, 10 inch pipa ACV, 8 inch pipa PBC dan Pipa 12 inch PBC.

Loading...
Loading...