Pixel Code jatimnow.com

PWI Gresik Beri Edukasi Jurnalistik kepada Puluhan Pelajar SMA

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Sahlul Fahmi
PWI Gresik saat memberikan edukasi jurnalistik kepada pelajar (Foto: PWI Gresik for jatimnow.com)
PWI Gresik saat memberikan edukasi jurnalistik kepada pelajar (Foto: PWI Gresik for jatimnow.com)

Gresik - Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2022 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Gresik memberikan edukasi dunia jurnalistik kepada puluhan pelajar SMA. Edukasi itu disampaikan dalam technical meeting 10 finalis Live Report Competition HPN yang berlangsung di Aula Media Center Polres Gresik, Senin (14/3/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut, 10 finalis yang terdiri dari puluhan pelajar. Di antaranya dari SMA Negeri 1 Gresik, SMA NU 2 Gresik, MAN 1 Gresik dan lain sebagainya. Tampak juga sejumlah guru pendamping.

Ketua Panitia Pelaksana HPN 2022 PWI Gresik Deni Ali Setiono menyampaikan apresiasinya kepada para finalis yang telah masuk dalam 10 besar. Melalui lomba ini harapannya bisa memberikan pengalaman baru di bidang jurnalistik. Sehingga pelajar lebih kenal dan tertarik untuk menggelutinya.

Banner Morula IVF Landscape

"PWI Gresik konsisten menyelenggarakan lomba di bidang jurnalistik untuk memeringati Hari Pers Nasional setiap tahunnya. Dan sasarannya adalah pelajar. Hal ini sebagai edukasi dan memberikan pengalaman langsung bagi para pelajar terkait kehidupan jurnalistik," kata Deni.

Sementara itu, Bendahara PWI Gresik, Sholihul Huda yang sekaligus dewan juri Live Report Competition mengungkapkan kegiatan lomba di bidang jurnalistik rutin diselenggarakan setiap tahun. Tahun 2022 ini, tentang laporan langsung di lapangan atau live report.

"Tahun 2021 lalu PWI Gresik menggelar lomba baca berita, sekarang kita tingkatkan lagi levelnya lomba live report atau laporan langsung di lapangan. Tentu tantangannya lebih dari sebelumnya, tapi saya yakin ini bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan jurnalistik para pelajar," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini rutin dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman jurnalistik sejak dini. Ini juga wujud perhatian PWI Gresik dalam menghidupkan iklim jurnalistik di dunia pendidikan.

Wartawan Metro TV itu juga menyampaikan sejumlah materi. Seperti Live On Tape (LOT), Live On Cam (LOC) dan berbagai kategori liputan di lapangan. Tidak ketinggalan, sejumlah tips mencari data di lapangan dan cara melaporkan berita dipaparkannya dengan gamblang. Alhasil seluruh peserta tampak antusias.

Sekadar diketahui, setelah technical meeting, 10 finalis akan mengikuti praktik/penilaian langsung dalam dua gelombang. Gelombang 1 pada 16 Maret 2022 dan gelombang 2 pada 17 Maret 2022. Tim yang terdiri dari tiga orang masing-masing reporter, kameramen dan produser lapangan akan unjuk kebolehan langsung di depan dewan juri.

Loading...

Pengumuman pemenang bakal dilakukan tanggal 22 Maret 2022. Penyerahan piala dan hadiah dilangsungkan bersamaan dengan malam puncak HPN 2022 yakni Anugerah Giri Pancasuar Award (GPA) pada 24 Maret 2022.

Loading...