Pixel Code jatimnow.com

Bentuk Ekosistem UMKM di Surabaya, Tom Liwafa Bareng Pemkot Gelar UFS

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Tom Liwafa dan Waki Wali Kota Surabaya menengok salah satu stan UFS. (Foto: panitia for jatimnow.com)
Tom Liwafa dan Waki Wali Kota Surabaya menengok salah satu stan UFS. (Foto: panitia for jatimnow.com)

Surabaya - Pengusaha muda Tom Liwafa menggelar festival yang dikhususkan untuk UMKM asal Kota Surabaya di area parkir Royale Durian Jalan Ir. Soekarno 88 Surabaya. Gelaran itu bertajuk UMKM Festival Surabaya(UFS).

Acara ini dibuka langsung Wakil Wali Kota Surabaya Armudji bersama Tom Liwafa. Diikuti 23 pengusaha UMKM yang menampilkan produk makanan hingga pakaian asal Surabaya. Event tersebut digelar selama tiga hari, mulai Jumat sampai Minggu (18-20/3/2022).

Penggagas UFS 2022, Tom Liwafa mengatakan festival UMKM ni merupakan kali pertama digelar di Surabaya selama masa pandemi Covid-19. Tujuannya, kemajuan perekonomian dan perkembangan UMKM melalui kerja sama secara pentahelix (pemerintah, pengusaha dan media massa, termasuk influencer).

"Dan bagaimana kita bekerja sama dengan influencer yang kemudian kita bisa mem-blasting sebuah acara, yang nanti goalnya bagaimana memajukan UMKM Indonesia," terang Tom melalui siaran tertulisnya, Sabtu (19/3/2022).

Tom menambahkan dengan majunya UMKM, khususnya di Surabaya, juga turut memajukan perekonomian negara. Kedepannya Tom Liwafa akan menggelar acara serupa dengan melibatkan lebih banyak pelaku usaha kecil dan mengundang artis ibu kota untuk membuat sebuah ekosistem baru di Surabaya.

Baca juga:
Tempat Hiburan Malam di Surabaya Digerebek Polda Jatim, Ini yang Diamankan

"Jadi ekosistem baru juga didukung oleh pemerintah, jadi saya pikir ini menjadi destinasi wisata baru buat orang-orang yang kemudian pengen ke Surabaya itu, tempat festival UMKM itu dimana sih? Tempat start up itu bertumbuh dimana sih? Tempatnya ada di UMKM Festival Surabaya," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Armudji mengaku Pemkot Surabaya terus mendorong bangkitnya UMKM Kota Pahlawan di tengah kondisi PPKM level 2. Salah satunya menggandeng pengusaha besar dengan menggelar UFS (UMKM Festival Surabaya) di Royale Durian Surabaya.

"Kegiatan-kegiatan itu harus banyak dan kita harus berkolaborasi baik itu pihak swasta atau pihak-pihak lainnya terutama teman-teman anak-anak muda yang mempunyai gagasan dan inovasi kreatif," terang Armudji.

Baca juga:
Polisi Periksa 5 Saksi Terkait Kasus Investasi Bodong di Surabaya

Armudji meminta acara semacam UFS ini harus berjalan lancar sesuai protokol kesehatan meski PPKM di Surabaya sudah mereda.

Loading...

"Dan itu kita lihat cukup rapi, cukup bagus, cukup tertata. Sirkulasinya juga bisa dengan nyaman orang datang. Inilah yang harus kita tumbuhkembangkan dan kita harus mensupport," tambahnya.

Loading...