Pixel Code jatimnow.com

Kapolri Bakal Integrasikan ETLE Wujudkan Smart City

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zain Ahmad
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan dalam acara penutupan rakernis di Surabaya (Foto-foto: Korlantas Polri)
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan dalam acara penutupan rakernis di Surabaya (Foto-foto: Korlantas Polri)

Surabaya - Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menutup dua kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis), di antaranya bidang Logistik Polri dan Lalu Lintas di Hotel Whyndam, Surabaya, Sabtu (26/3/2022).

Khusus untuk Rakernis Lalu Lintas, Kapolri memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kepala daerah dan stakholder terkait dalam mendukung Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"Kami memberikan apresiasi dan penghargaan kepada stakeholder terkait, baik dari rekan-rekan kepala daerah dan juga dari BUMN dan kementerian lembaga-lembaga terkait, yang telah membantu kami dalam rangka mengembangkan sistem ETLE Nasional," kata Sigit saat konferensi pers kepada wartawan.

"Karena ini memang menjadi program kepolisian yang akan terus kita kembangkan. Sehingga kepatuhan kepada masyarakat terkait dengan masalah penggunaan jalan dan juga bagaimana mengurangi resiko terjadinya kecelakaan yang mengakibatkan fatalitas ini, ke depan semakin kita kurangi," tambahnya.

Sigit mengaku akan mengembangkan konsep smart city dalam pelayanan kepada masyarakat yang terintegritas di command center dengan pelayanan di pemerintah daerah, seperti dinas perhubungan, damkar, rumah sakit, juga stakeholder terkait pelayanan.

Baca juga:
IPW dan KOMPAN Gelar Diskusi Publik, Desak Kabareskrim Dinonaktifkan

"Sehingga begitu ada permasalahan, maka seluruh stakeholder ini terintegrasi dan memberikan layanan yang lebih cepat. Ini ke depan terus kita kembangkan," jelasnya.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo saat melaunching ETLE Presisi tahap dua dalam Rakernis di SurabayaKapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo saat melaunching ETLE Presisi tahap dua dalam Rakernis di Surabaya

Sigit juga berterima kasih atas dukungan seluruh kepala daerah dan juga BUMN yang terus mendorong pengembangan teknologi ETLE.

Baca juga:
Kapolri Pastikan Korban Jiwa dalam Tragedi Kanjuruhan 125 Orang

"Kita ingin program ETLE, kemudian pelayanan-pelayanan yang berbasis digital ini, bisa terus kita kembangkan. Sehingga tingkat kecelakaan bisa kita turunkan. Demikian juga penyimpangan anggota semakin kita perkecil dan pelayanan berbasis digital untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat akan terus bisa kita tingkatkan," tandasnya.

Dalam penutupan Rakernis ini, sejumlah kepala daerah yang mendapatkan penghargaan dari Kapolri adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru hingga Ditlantas Polda Jatim.