Pixel Code jatimnow.com

Sampah Masih Menggunung Meski TPST Sarirogo Sidoarjo Sudah Ditutup

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Zainul Fajar
Tumpukan sampah di eks TPST Sarirogo.(Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)
Tumpukan sampah di eks TPST Sarirogo.(Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)

Sidoarjo – Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Desa Sarirogo, Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, sudah ditutup per 1 Desember 2021. Kendati demikian, masih ada saja orang yang membuang sampah di sana. Tumpukan sampah pun tampak menggunung.

Keberadaan sampah di TPST di Desa Sarirogo kembali menjadi sorotan. Sebab Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Sidoarjo juga telah melakukan proses Clean Up atau pembersihan sebulan lalu.

Kepala DHLK Sidoarjo Bahrul Amig menegaskan, pihaknya akan mengingatkan kembali kepada semua kepala desa terkait tanggung jawab dalam mengelola sampah di tempatnya masing-masing. Tanggung jawab lingkungan desa dalam mengelola sampah sudah tertulis dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 10 Tahun 2022 Pasal 4 ayat 2 huruf K. Dalam hal ini, Pemerintah Desa Sarirogo didorong untul melakukan inisiatif agar masyarakat tidak kembali membuang sampah di lokasi.

“Desa bertanggung jawab pengelolaan sampah, kebersihan, taman dan penghijauan. Desa harus cermat, entah membentuk satgas atau dipasang CCTV agar tempat tersebut tidak dibuangi sampah lagi. Jangan hanya bisa menutup tapi tidak ada pengawasannya,” ungkapnya, Rabu (30/3/2022).

Baca juga:
Komplotan Spesialis Pembobol Kotak Amal di Sidoarjo Dibekuk Polisi

Mantan Kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo itu menambahkan, pemerintah kecamatan ataupun desa sebenarnya bisa memberikan edukasi langsung kepada warganya.

“Sebenarnya, desa-desa sudah mulai marak membangun TPST. Tinggal komitmen untuk menuntaskan sampahnya masih harus ditingkatkan,” imbuhnya.

Baca juga:
Diduga Mabuk, 2 Pria Ditemukan Tewas Mengapung di Saluran Irigasi Candi Sidoarjo

Kepala Desa Sarirogo Yunan Faruq Effendi menyatakan, pihaknya sudah berupaya membentuk satgas guna mencegah orang membuang sampah TPST. Namun faktanya masih saja banyak yang membuang sampah di sana.

Loading...

"Rencananya tahun depan, lokasi TPST akan kami pindah ke kebelakang, sekitar 50 meter dari jalan. Kami bangun agak besar dan kami kelola nantinya. Yang sekarang ini kok sepertinya kurang elok, karena TPST pas ada pinggir jalan,” tutupnya.

Loading...