Gunung Agung Erupsi

1.089 Penumpang di Bandara Banyuwangi Gagal Terbang

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Penumpang di Bandara Banyuwangi yang gagal berangkat ke daerah tujuan/Foto: Hafiluddin Ahmad

jatimnow.com – Sebanyak 1.089 penumpang yang akan berangkat dari Bandara Banyuwangi gagal berangkat menuju daerah tujuannya, yaitu Surabaya dan Jakarta.

Sejak pukul 06.30 Wib, penumpang tujuan Jakarta dan Surabaya via Bandara Banyuwangi dipastikan tidak dapat menggunakan jalur udara hingga pukul 15.00 Wib.

Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura (AP)-II, Anton Marthalius mengatakan dari total 16 penerbangan, take off dan landing hingga pukul 15.00 Wib, seluruhnya di cancel atau dengan kata lain gagal terbang.

"Untuk hari ini sisa 1 penerbangan, penerbangan NAM Air dengan kode flight IN 0257 yang terjadwal pukul 16.50 Wib," tegas Anton kepada wartawan, Selasa (3/7/2018).

Informasi tersebut, kata Anton, didapatnya dari pihak maskapai (airlines) serta berdasarkan pengamatan melalui pengujian papper test 'Eruption Vulkanic S' pihak bandara.

"Kita kan 8 landing 8 take off. Untuk total maskapai ada 4, Garuda, Wings, Citylink, dan NAM Air semua cancel. Cuma sisa satu landing dan satu take off nanti sore pesawat NAM Air," terangnya.

Sementara itu, penumpang yang gagal terbang menuju daerah tujuan rute Banyuwangi-Jakarta dan Surabaya dirasakan oleh Yuliana dan Dewi.

Yuliana mengaku akan bertolak ke Jambi menggunakan pesawat NAM Air dengan jadwal penerbangan pukul 11.25 WIB rute Banyuwangi-Jakarta. Namun, akibat abu vulkanik itu, ia dan penumpang lainnya urung berangkat.

"Iya penerbangannya dicancel," ujar Yuliana.

Demikian halnya dengan Dewi yang akan bertolak ke Kuala Lumpur dan transit di Jakarta via Bandara Banyuwangi. Sesuai jadwal, dirinya akan berangkat tujuan Surabaya sekitar pukul 09.00 Wib.

"Penerbangan hari ini, dari pihak maskapai dicancel semua," sebutnya.

 

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter