Pixel Code jatimnow.com

16 Mahasiswa UK Petra Surabaya Lolos MSIB Kemendikbud Ristek

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
16 mahasiswa UK Petra yang lolos MSIB Kemendikbud Ristek (Foto: Humas UK Petra Surabaya)
16 mahasiswa UK Petra yang lolos MSIB Kemendikbud Ristek (Foto: Humas UK Petra Surabaya)

Surabaya - 16 mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya lolos Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 2 Tahun 2022 yang diluncurkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Kepala Petra Career Center UK Petra, Jessie Monika menerangkan, 16 mahasiswa UK Petra itu berasal dari berbagai program studi seperti Sastra Inggris, Manajemen, Teknik Industri dan Informatika.

Katanya, mereka telah bersaing dengan 25.672 mahasiswa dari 646 perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia, baik negeri maupun swasta.

Banner Morula IVF Landscape

"Terdapat dua kategori dalam program MSIB, yaitu Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat," ujar Jessie melalui keterangan tertulisnya, Selasa (5/4/2022).

Jessie menjelaskan, Magang Bersertifikat merupakan bagian dari salah satu pelatihan kerja yang dipercepat sesuai dengan pengalaman belajar yang dirancang dengan baik.

Sedangkan Studi Independen Bersertifikat merupakan pembelajaran yang dirancang khusus sesuai dengan tantangan nyata dengan praktik berupa kursus singkat hingga bootcamp.

Selama program berlangsung, lanjut dia, mahasiswa tidak hanya mendapatkan hard skills saja, tapi juga soft skills.

Jessie memaparkan bahwa Program MSIB ini tidak hanya dilakukan di industri saja akan tetapi juga beberapa lembaga bahkan kementerian-kementerian. Sehingga para mahasiswa punya kesempatan luas mengikuti passion dalam menyiapkan diri memasuki dunia profesi.

Jessie yang juga menjadi PIC MSIB di UK Petra itu menjelaskan, keuntungannya sangat banyak jika mahasiswa bisa lolos salah satu metode pembelajaran dalam kebijakan Kampus Merdeka itu.

"Selain bersertikat, program yang berjalan selama lima bulan ini dapat dikonversi menjadi 20 SKS. Saya mendapatkan cerita dari pengalaman peserta MSIB batch 1 lalu, serunya bisa mengenal mahasiswa dari universitas lain, kerja bareng sekaligus mendapatkan koneksi langsung dengan perusahaan," papar dia.

Salah satu mahasiswa yang lolos Program Magang Bersertifikat, Angela Maria mengatakan, dia magang di PT. Ruang Raya Indonesia atau Ruangguru dan bertugas sebagai copywriter sejak 14 Februari hingga 14 Juli 2022.

"Seneng dan bersyukur banget. Dari puluhan ribu pendaftar lainnya, saya bisa terpilih jadi anak magang di Ruangguru. Banyak sekali pengalaman dan skill berharga yang saya dapatkan dari mentor," tutur Angela.

Loading...

Meski secara daring, Angela tetap diwajibkan bekerja layaknya orang kantoran yaitu mulai hari Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00-17.30 WIB.

Mahasiswi prodi Marketing Management UK Petra ini tugasnya menyediakan segala tulisan promosi sekaligus menggerakkan minat audiens untuk berlangganan Ruangguru.

Loading...