Pixel Code jatimnow.com

Cek Kondisi Paru-paru Lewat Suara Batuk di Aplikasi Alodokter

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Jajeli Rois
Suara batuk untuk mengecek kondisi paru-paru lewat aplikasi Alodokter.(Foto: Dok. Alodokter)
Suara batuk untuk mengecek kondisi paru-paru lewat aplikasi Alodokter.(Foto: Dok. Alodokter)

Jakarta - Alodokter menghadirkan inovasi baru di aplikasinya. Hanya dengan suara batuk, aplikasi dapat mendiagnosa 6 kondisi paru-paru berbeda. Yakni infeksi paru, asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), ISPA, batuk rejan, dan bronkitis. Tingkat akurasi diagnosanya antara 87-97 persen. Berarti sama akuratnya dengan pemeriksaan konvensional.

Pengalaman diagnosa dikembangkan bekerja sama dengan ResApp, perusahaan teknologi diagnosa kesehatan digital dari Australia. Teknologi dikembangkan dengan cara mencocokkan ciri-ciri dari suara batuk dengan diagnosis klinis. Perusahaan tersebut telah mendapatkan akreditasi di Indonesia dan Australia. Alodokter adalah perusahaan telemedisin pertama di Asia yang memberikan akses teknologi terbaru ini kepada masyarakat umum.

“Yang membuat teknologi ini berbeda adalah Anda tidak memerlukan gadget tambahan. Cukup gunakan smartphone yang Anda miliki. Anda tinggal batuk di dekat smartphone. Kemudian dalam beberapa detik, dokter kami bisa langsung mengetahui diagnosa secara otomatis dari sistem," kata Presiden Direktur Alodokter Suci Arumsari.

Banner Morula IVF Landscape

"Jenis teknologi diagnosis berbasis smartphone adalah terobosan baru untuk telemedisin karena tidak membutuhkan device tambahan. Dengan adanya teknologi ini, dokter jadi lebih mudah untuk mendiagnosa lebih banyak penyakit dan memberikan perawatan secara lebih efisien dari jarak jauh. Serta membantu pasien menangani permasalahan kesehatan dengan lebih cepat tanpa perlu keluar rumah,” sambungnya.

Teknologi ini juga telah disertifikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Sekaligus terakreditasi untuk digunakan di Eropa dan Australia. Fitur ini dapat diakses di Indonesia hanya lewat aplikasi Alodokter.

Alodokter adalah platform kesehatan digital nomor satu di Indonesia dengan lebih dari 30 juta pengguna aktif setiap bulannya, serta lebih dari 70.000 dokter bergabung. Sejak 2014, Alodokter telah unggul dalam menyediakan informasi kesehatan yang akurat, mudah dipahami, dan dapat diakses siapa saja, kapan saja, dan di mana saja.

Aplikasi menyediakan 5 fitur utama yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk membuat keputusan terbaik terkait kesehatan, baik secara pribadi maupun keluarga. Yaitu, chat bersama dokter, belanja kebutuhan kesehatan secara aman dan praktis, buat janji konsultasi dengan dokter dan/atau mencari rumah sakit pilihan, artikel kesehatan terlengkap dalam bahasa Indonesia, perlindungan kesehatan tambahan dengan Aloproteksi.

Loading...

Sementara itu, ResApp Health Limited (ASX: RAP) adalah perusahaan kesehatan digital terkemuka yang mengembangkan aplikasi smartphone untuk diagnosis dan pengelolaan penyakit pernapasan. Algoritme pembelajaran mesin ResApp menggunakan suara untuk mendiagnosis dan mengukur tingkat keparahan kondisi pernapasan tanpa memerlukan aksesori atau perangkat keras tambahan.

Loading...