Pixel Codejatimnow.com

Marak Balap Liar, Polisi di Jombang dan Pasuruan "Panen" Motor

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Moch Rois Elok Aprianto
Puluhan muda mudi yang terjaring dalam operasi balap liar di ring road Mojoagung. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Puluhan muda mudi yang terjaring dalam operasi balap liar di ring road Mojoagung. (Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Aksi balap liar selalu marak terjadi saat bulan Ramadan. Tanpa terkecuali di Jombang dan Pasuruan. Polisi setempat berhasil mengamankan puluhan motor saat razia balap liar.

Balap liar di kawasan ring road Mojoagung, Kabupaten Jombang, dibubarkan aparat kepolisian, pada Minggu (10/4/2022) pagi, sekitar pukul 7. 00 WIB. Alhasil, puluhan pemuda berlarian tunggang langgang ke areal kebun tebu untuk menhindari kejaran petugas dari Polsek Mojoagung.

Kapolsek Mojoagung, Kompol Purwo Atmojo menjelaskan area ring road Mojoagung, memang sering dijadikan arena balap liar oleh sejumlah muda mudi, pada hari-hari tertentu. Mengantisipasi hal itu, anggota Polsek Mojoagung beserta Samaptha Polres Jombang, melakukan razia di kawasan tersebut.

"Setelah sahur memang di situ (ring road) banyak anak-anak muda yang khususnya suka balap liar. Dan mereka ini akan melakukan aktivitasnya balap liar,” terang Purwo.

Untuk langkah antisipasi, sambung Purwo, remaja yang akan melakukan balap liar ini diamankan di Polsek Mojoagung. Satu persatu muda mudi ini, dilakukan pendataan.

“Kita lakukan pembinaan termasuk menyita kendaraanya,” ucap Purwo.

Dari hasil razia ini, polisi menyita 25 kendaraan bermotor diamankan di Polsek Mojoagung, guna kepentingan lebih lanjut.

"Sekitar 25 kendaraan yang tidak sesuai dengan spek kita amankan dan kita lakukan penindakan, nantinya sepeda ini kita keluarkan setelah lebaran," kata Purwo.

Baca juga:
Polres Sumenep Razia Warung, Amankan Puluhan Botol Miras Beragam Merek

Petugas mengamankan motor saat razia balap liar. (Foto: Polsek Purworejo for jatimnow.com)Petugas mengamankan motor saat razia balap liar. (Foto: Polsek Purworejo for jatimnow.com)

Sementara itu, Polsek Purworejo bersama Satlantas Polres Pasuruan Kota juga membubarkan aksi balap liar di Jalan Raya Panglima Sidirman dan Dr. Wahidin Sidirohusodo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan.

"Dari operasi pembubaran balap liar mulai Sabtu (9/4) malam sampai Minggu dini hari tadi, tim gabungan berhasil mengamankan 3 sepeda motor yang terlibat balap liar," jelas Kapolsek Purworejo, Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto. Minggu (10/4/2022).

Endy menerangkan, sasara operasi pembubara balap liar yang mengganggu masyarakat tersebut diawali di Jl. Dr. Wahidi Sudirohusodo, Kelurahan Purut, Kecamatan Purworejo.

Baca juga:
46 Anak Surabaya Diamankan Polres Bangkalan, Cegat Truk di Jembatan Suramadu

Melihat kedatangan polisi, gerombolan pembalap liar melarikan diri dan petugas berhasil mengamankan 2 unit motor. Suzuki Satria bernopol N 3279 XG dan Honda CB Nopol W 6256 NCE.

Dua sepeda motor itu milik Abdilah, Warga Winongan, Kabupaten Pasuruan, Salman warga Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Bergeser ke Jl. Panglima Sudirmas polisi mengamankan 1 unit motor Honda Vario berpelat palsu M 4444 AD.

"Tiga kendaraan motor tersebut dilakukan penindakan tilang dan barang bukti kendaraan sepeda motor diamankan di mako Lantas Polres Pasuruan Kota," tandasnya.