Pixel Codejatimnow.com

Bronto Skylift, Penakluk Api dalam Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Farizal Tito
Dua unit Bronto Skylift yang diterjunkan untuk memadamkan api dalam kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya (Foto-foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com)
Dua unit Bronto Skylift yang diterjunkan untuk memadamkan api dalam kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya (Foto-foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com)

Surabaya - Bronto Skylift disebut menjadi salah satu perangkat yang menaklukkan api dalam kebakaran di Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya, Rabu (13/4/2202).

Hal itu disampaikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi usai memimpin langsung proses pemadaman dan pembasahan. Eri yang saat itu menggunakan pakaian petugas pemadam, ikut masuk bersama petugas yang lain.

"Api diduga muncul dari lantai 5, tempat makan. Kemudian merambat ke lantai 12. Sehingga pemadaman juga dilakukan dari luar menggunakan Bronto Skylift 52 meter dan 45 meter dengan cara menambakkan air dari luar," terang Eri di lokasi.

Selain Bronto Skylift, Eri juga mengapresiasi seluruh petugas pemadam kebakaran dan lainnya yang bekerja keras dalam memadamkan api.

Wali Kota Eri Cahyadi memimpin langsung proses pemadaman api dalam kebakaran di Tunjungan Plaza SurabayaWali Kota Eri Cahyadi memimpin langsung proses pemadaman api dalam kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya

Baca juga:
Pilihan Pembaca: Foodcourt TP 1 Surabaya Terbakar

Eri menyebut, dirinya masuk ke dalam bersama petugas lainnya untuk mencari titik munculnya api.

"Dugaan itu mengarah pada tempat makan yang berada di lantai 5. Kemudian api itu masuk ke jaringan pembuangan dan masuk ke saf hingga ke lantai 12. Jadi kita juga masuk ke sana, tidak ada api awal muncul, tapi asap mengepul di lantai 5 dan 4," beber dia.

Baca juga:
Video: Foodcourt Tujungan Plaza 1 Surabaya Kebakaran

Eri juga menyatakan bahwa hingga pemadaman selesai dan proses pembasahan berjalan, tidak ditemukan korban meninggal dunia.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Karena tadi proses evakuasi telah dilakukan tim pengamanan mal, ini mulai para pengunjungnya berhasil keluar semuanya," tandasnya.