Pixel Code jatimnow.com

7 Anggota Tim Labfor Tiba di Tunjungan Plaza Surabaya, Ini yang Mereka Cari

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Farizal Tito
Anggota Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Polda Jatim tiba di TP 5 Surabaya.(Foto: Fahrizal Tito)
Anggota Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Polda Jatim tiba di TP 5 Surabaya.(Foto: Fahrizal Tito)

Surabaya - Pemeriksaan kasus kebakaran di Tunjungan Plaza (TP) 5 Surabaya terus berlanjut. Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Mabes Polri Cabang Surabaya sudah mengerahkan 7 anggotanya ke tempat kejadian perkara (TKP). Mereka mengenakan rompi bertuliskan labfor dan tampak memasuki area mal. Lalu naik menggunakan eskalator menuju lantai atas yang menjadi lokasi kebakaran.

"Kami full time ini. Ada 7-8 personel. Kami membawa alat detector BBM, ada senter dan perlengkapan lainnya," ungkap Kabid Labfor Mabes Polri Cabang Surabaya Kombes Sodiq Pratomo didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto di lokasi kejadian, Kamis (14/4/2022).

Menurutnya, ada tahapan-tahapan dalam melakukan identifikasi kebakaran. Pertama, menentukan lokasi api pertama kebakaran. Jadi, petugas akan mencari dulu lokasi pertama kali api muncul.

"Setelah ketemu, nanti baru kami cari barang bukti yang mendukung untuk terjadinya kebakaran. Itu tugas kami pada hari ini," terangnya.

Personel yang diterjunkan akan dibagi menjadi beberapa tim, mengingat kondisi lokasi kejadian yang luas. Dari tim itu ada yang bertanggung jawab cari barang bukti, ada juga yang menyusuri dulu lokasinya.

Baca juga:
Rumah di Gresik Hangus Terbakar saat Pemiliknya Pergi ke Sawah

"Dari sisa kebakaran, kami bisa membaca rambatan api dari mana. Nanti ketemu lokasi api pertama kebakarannya dulu. Baru kami sama-sama mencari barang buktinya," paparnya.

Ketika disinggung membutuhkan waktu berapa lama untuk melakukan olah TKP, Sodiq mengatakan hal tersebut melihat kondisi di lapangan. Pihaknya tidak bisa menentukan waktu.

Baca juga:
Truk Pengangkut Tabung Gas Terbakar di Sumenep

"Kami tidak tahu, sesuai lokasi, menyesuaikan. Karena sulit dan tidaknya saya belum lihat secara langsung," pungkasnya.

Baca Juga: Kebakaran di Tunjungan Plaza Surabaya, Begini Suasana Terkini