Pixel Code jatimnow.com

Ramadan Now

Berburu Takjil dan Menu Buka Puasa di Pasar Kaget Ponpes Sunan Drajat Lamongan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Suasana pasar kaget di wilayah Ponpes Sunan Drajat Lamongan jelang berbuka puasa (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Suasana pasar kaget di wilayah Ponpes Sunan Drajat Lamongan jelang berbuka puasa (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Pasar kaget di kawasan Pondok Pesantren (Ponpes) Sunan Drajat Lamongan, selalu dipadati para santri setiap menjelang buka puasa. Sebab waktu berburu takjil para santri ini relatif terbatas.

Mereka memanfaatkan senggang waktu yang ada, terhitung selepas kajian kitab Islam yang dipimpin pemangku ponpes KH Abdul Ghofur setiap sore, sampai waktu maghrib tiba.

Waktu yang mepet itu membuat pasar kaget mendadak dipadati para santri sekitar pukul 5 sore. Tentunya para santri itu mendambakan menu berbuka yang lezat dengan harga yang tetap ramah di kantong.

Banner Morula IVF Landscape

Puluhan penjual yang menjajakan berbagai macam minuman dan kudapan siap santap untuk buka puasa ini selalu laris manis tiap harinya. Mulai dari es, kolak, kue, lauk pauk dan jajanan lainnya ludes dibeli ribuan santri.

"Alhamdulillah, setiap hari jualan saya selalu laris. Kalau jam segini memang belum terlalu padat, tapi jika jam 5 sore, tiap pengajian selesai, jalan ini buntu, dipenuhi santri," ujar Suyanto, salah satu pedagang, Kamis (14/4/2022).

Pengakuan serupa juga dilontarkan pedagang lainya, Nova. Dia mengaku meraup untung yang lumayan setiap momen ramadan, karena dirinya rutin membuka dagangan di wilayah Ponpes Sunan Drajat.

"Kalau dibandingkan dengan hari-hari biasa, perolehan yang saya dapatkan meningkat banyak. Semuanya ramai mas, tak hanya saya, pedagang yang lain juga sama," ungkap perempuan yang mengaku telah 8 tahun menjual takjil di sana.

Nova menerangkan bahwa berkah ramadan tidak hanya dari para santri. Namun juga warga setempat yang selalu memadati arena ponpes sebelum santri menyerbu.

Seperti dikatakan Shofi warga setempat yang setiap harinya memanfaatkan keberadaan pasar kaget di kawasan Ponpes Sunan Drajat Lamongan itu.

Loading...

"Saya baru pulang kerja dan singgah beli buat menu buka puasa. Terbantu sekali, di sini banyak macamnya, mau makan apa semuanya sudah tersedia. Enggak papa berdesakan, yang penting kita dapat apa yang diinginkan," ucap Shofi.

Loading...