Pixel Code jatimnow.com

Jelang Lebaran, Stok Darah di Lamongan Aman

Editor : Arina Pramudita Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Petugas UDD PMI Lamongan saat mengumpulkan darah para pendonor. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)
Petugas UDD PMI Lamongan saat mengumpulkan darah para pendonor. (Foto: Adyad Ammy Iffansah/jatimnow.com)

Lamongan - Menjelang pekan akhir di bulan Ramadan, PMI Lamongan memastikan stok darah di Unit Donor Darah aman, relatif meningkat.

Kepala PMI Lamongan, Agus Suyanto menjelaskan, Ramadan tahun ini antusiasme warga meningkat meski dalam suasana bulan puasa.

"Total per hari ini 392 kantong dari berbagai jenis golongan darah, semenjak Ramadan ini warga mulai antusias," ungkap Agus, Kamis (21/4/2022).

Banner Morula IVF Landscape

Ratusan kantong darah yang diperoleh, dengan rincian 153 golongan darah A, 108 golongan darah B, 110 kantong golongan darah O, dan 21 kantong darah golongan AB.

Selama Ramadan, PMI Lamongan membuka 2 layanan bagi para pendonor. Yakni donor darah di gedung PMI Lamongan Jalan Kusuma Bangsa dan fasilitas donor keliling sebagai layanan jemput bola.

"Bulan Ramadan ini sudah masuk permintaan donor darah di 13 lokasi, dengan perkiraan bisa memperoleh 718 kantong untuk di mobil keliling saja," paparnya.

"Kami memberi souvenir berupa kaos bagi para pendonor ternyata itu menambah daya tarik para warga," tambahnya.

Lebih lanjut, masih kata Agus, seiring melandainya kasus Covid-19 terhitung dalam trimester awal 2022, ada peningkatan permintaan darah hingga mencapai 30-50 persen.

Loading...

"Selama pandemi melandai ada peningkatan permintaan darah hingga 30-50 persen. Dibanding masa pandemi," tutupnya.

Loading...