Banyak Alat Rusak, Pemohon E-KTP di Kantor Dispenduk Surabaya Menumpuk

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil) Kota Surabaya

jatimnow.com - Selama libur lebaran dan libur sekolah, Dispendukcapil memberi arahan kepada masyarakat Kota Surabaya untuk segera memiliki KTP elektronik, pemegang surat keterangan KTP elektronik ataupun yang sudah melakukan perekaman untuk segera mengajukan permohonan cetak.

Berdasarkan pantauan jatimnow.com di lokasi, pemohon memenuhi antrian di kantor Dispenduk Gedung Siola, Jalan Tunjungan mulai pukul 06.00 WIB-12.00 WIB.

Kadispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo mengatakan, sebenarnya untuk alat cetak e-KTP sudah diserahkan di kecamatan yang ada di Surabaya.

"18 kecamatan sudah ada alat cetak e-KTP nya, disamping Dispendukcapil buka sampai jam 9 malam saat senin sampai jumat dan sabtu sampai jam 4 sore," terang Suharto kepada awak media, Kamis (5/7/2018).

Suharto menerangkan, Dispendukcapil harus menyelesaikan 39547 yang siap cetak. Dalam sehari rata-rata pemohon perekaman e-KTP sebanyak 488 orang.

"Karena banyak saat masa libur sekolah sehingga yang berusia 17 tahun banyak yang melakukan perekaman. Karena di beberapa kecamatan ada alat cetak yang rusak sehingga hanya Dispenduk yang bisa melakukannya," ujarnya.

Suharto juga mengatakan adanya masyarakat yang sudah melakukan perekaman beberapa kali, setelah dicek tapi belum siap cetak yang akhirnya harus melakukan perekaman ulang.

"Baru nanti setelah itu kita ketahui bisa cetak. Kita verifikasi data biometri dengan sidik jari dan iris mata, nanti kelihatan yang melakukan perekaman duplicate record atau nggak," lanjutnya.

Suharto menanbahkan, antrian yang sangat panjang tersebut diakibatkan karena masalah jaringan yang lambat untuk proses verifikasi data biometri. Pihaknya akan berusaha menyelesaikan cetak e-KTP hari ini dan bisa diambil hari Sabtu mendatang dengan jeda waktu 2-3 hari.

"Mulai bulan juli kita giatkan cetak e-KTP. Alat rekam e-KTP yang sebelumnya 3 kita tambah menjadi 5, alat cetak e-KTP ditambah 2 jadi 4 e-KTP elektronik. Data sudah ada 39547 by name by addres kita cetak saat ini sampai malam," pungkasnya.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter