Pixel Code jatimnow.com

Data Pelindo Regional 3, Penumpang Kapal Tumbuh 102 Persen Jelang Lebaran

Editor : Sofyan Cahyono
Penumpang kapal di pelabuhan di bawah naungan PT Pelindo Regional 3.(Foto: Humas Pelindo Regional 3)
Penumpang kapal di pelabuhan di bawah naungan PT Pelindo Regional 3.(Foto: Humas Pelindo Regional 3)

Surabaya - PT Pelabuhan Indoenesia (Persero) atau Pelindo Regional 3 mencatat peningkatan arus penumpang pada mudik Lebaran 2022. 10 Hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, penumpang di sejumlah terminal mencapai 53.745 orang. Angka itu meningkat 102 persen dibanding Lebaran tahun lalu sebanyak 25.051 orang.

Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki mengatakan, peningkatan jumlah penumpang terjadi di beberapa terminal utama. Di antaranya terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak yang mencapai 17.744, dan terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Emas 6.252 orang.

Peningkatan penumpang diperkirakan karena pelonggaran aturan perjalanan jauh yang dilakukan pemerintah. Pihak Pelindo Regional 3 telah mengantisipasi dengan berkordinasi dengan berbagai pihak. Antara lain dengan kepolisian dan KSOP setempat menyiapkan sejumlah Pos Pengaman Idul Fitri di sejumlah terminal penumpang untuk menjamin kenyamanan, keamanan dan keselamatan penumpang.

Banner Morula IVF Landscape

“Sejumlah terminal kami mengalami kenaikan arus penumpang yang cukup signifikan. Bahkan 10 hari menjelang Lebaran, arus penumpang naik 102 persen di banding Lebaran tahun lalu. Jumlah inipun diprediksi terus naik menjelang Lebaran,” ujar Ardhy Wahyu Basuki dalam siaran pers, Sabtu (23/4/2022).

Sementara itu, Plt Dirjen Hubla Kemenhub Mugen Suprihatin Sartoto sempat meninjau layanan di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (20/4/2022). Ia mengapresiasi kesigapan Pelindo dan jajarannya dalam mengantisipasi lonjakan penumpang dengan menyiapkan sejumlah fasilitas umum dan mendirikan posko pengamanan di sejumlah pelabuhan. Hal ini bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan pemudik selama berpergian.

“Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2022 termasuk angkutan lautnya, sejauh ini berjalan dengan baik dan lancar. Semua sesuai dengan rencana dan ditunjang oleh koordinasi yang sangat baik antar instansi,” ucapnya.

Sebelumnya dalam rangka menjamin keamanan dan kelancaran arus mudik jalur laut, Pelindo Regional 3 telah menyiapkan berbagai fasilitas umum di 20 teminal penumpang. Hal tersebut guna menunjang kelancaran arus mudik 2022.

Loading...

 

Loading...