Pixel Code jatimnow.com

Pemkab Kediri Bantu Fia Wujudkan Cita-cita untuk Kembali Bersekolah

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Yanuar Dedy
Fia bersama keluarga dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Sujud Winarko yang datang ke rumahnya. (Foto: Humas Pemkab Kediri/Jatimnow.com)
Fia bersama keluarga dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Sujud Winarko yang datang ke rumahnya. (Foto: Humas Pemkab Kediri/Jatimnow.com)

Kediri - Bahagia tengah menyelimuti Siti Maghfirotus Sholehah, remaja asal Kabupaten Kediri. Gadis yang satu tahun terakhir terpaksa memilih untuk membantu ekonomi keluarga dengan bekerja sebagai pelayan rumah makan itu akhirnya kembali bersekolah. Pemerintah Kabupaten Kediri memastikan Fia, panggilan akrabnya, bisa bersekolah dengan gratis.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Sujud Sunarko kemarin, Jumat (22/4/2022) mendatangi rumahnya untuk menindaklanjuti tawaran Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana kepada Fia untuk kembali bersekolah.

Perbincangan keduanya mengenai keputusan Fia memilih dimana dirinya akan melanjutkan sekolah itu diiringi suara palu pekerja bangunan yang sedang merenovasi rumahnya melalui program bedah rumah dari Mas Dhito.

Banner Morula IVF Landscape

Fia sendiri mengaku telah memilih SMA Mardiutomo, Kecamatan Tarokan sebagai sekolahnya mulai semester depan. Alasannya sederhana, dirinya ingin jarak tempuh rumah dan sekolah tidak terpaut jauh.

“SMA Mardiutomo, Tarokan karena jarak yang dekat,” katanya, melalui rilis yang diterima redaksi, Sabtu (23/4/2022)

Tangis Fia pun tak terelakkan ketika menceritakan bagaimana semangatnya kembali bersekolah karena ingin mewujudkan cita-cita dirinya dan harapan sang ayah yang ingin melihat anak-anaknya dapat lulus hingga SMA dan melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Salah satu cita-cita bapak melihat anaknya terus sekolah hingga perguruan tinggi,” tuturnya sembari mengusap air mata yang terus membasahi pipinya.

Saat kelas 10 semester dua, kata Fia, atau kurang lebih satu setengah tahun lalu, dirinya memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya karena ingin membantu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga.

Fia rela melepas masa sekolahnya itu untuk ikut bekerja menjadi pelayan di salah satu rumah makan bersama kakaknya.

Namun, dirinya kini memilih untuk kembali bersekolah yang rencananya akan dimulai semester depan yang memasuki tahun ajaran baru 2022-2023.

“Seneng banget, juga gak nyangka masih bisa sekolah lagi” ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Sujud Winarko menerangkan dirinya telah berkoordinasi dengan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi untuk memberikan pilihan kepada Fia.

Loading...

“Saya sudah koordinasi dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi, Mbak Fia ini kita beri pilihan yang terdekat mana,” ujar Sujud.

Pihaknya menjelaskan, pemerintah daerah akan menanggung biaya sekolah Fia hingga lulus bangku SMA. Bahkan untuk adiknya yang sekarang kelas 6, tambah Sujud, biaya sekolah juga akan diakomodir.

Loading...