Pixel Code jatimnow.com

Dijemput Bupati Sampang, Akhirnya Warga Eks Syiah Berlebaran di Kampung Halaman

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Fathor Rahman
Pemulangan puluhan warga eks Syiah penuh haru saat dijemput oleh Bupati H. Slamet Junaidi, Jumat (29/04). (Foto: Warga eks syiah for jatimnow.com)
Pemulangan puluhan warga eks Syiah penuh haru saat dijemput oleh Bupati H. Slamet Junaidi, Jumat (29/04). (Foto: Warga eks syiah for jatimnow.com)

Sampang - Harapan berlebaran di kampung halaman akhirnya menjadi kenyataan bagi puluhan warga eks syiah asal Sampang. Mereka dipulangkan dan dijemput oleh Bupati H. Slamet Junaidi di Rusunawa Jemundo Sidoarjo, Jumat (29/04).

Sebanyak 53 orang dipulangkan ke kampung halaman, di Desa Karang Gayam Kecamatan Omben. Termasuk sejumlah warga Bluuran dan Desa Nangkernang, Kecamatan Karang Penang.

Eks pengikut syiah dijemput langsung oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dan Wabup H. Abdullah Hidayat. Juga sejumlah jajaran pejabat Forkopimda dan tim rekonsiliasi lima desa di Sampang.

Banner Morula IVF Landscape

Rombongan puluhan warga diangkut bus. Bahkan, pemulangan mereka dilepas oleh Bupati Sampang. Sehingga, mereka pulang kampung sejak sekitar 10 tahun lalu meninggalkan tanah kelahiran.

Bupati Sampang H Slamet Junaidi mengatakan, penjemputan tersebut tidak mudah dilakukan. Butuh waktu rekonsiliasi yang cukup. Namun, pemerintah wajib melakukannya sebagai bentuk rasa kemanusiaan.

"Pada momen menielang Lebaran ini, semoga mereka bisa kembali dengan senang ke kampung halaman, " katanya.

Dikatakan, momentum bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri dinilai waktu yang tepat untuk menjemput warganya. Sehingga pihaknya berharap warga bisa menikmati suasana hari kemenangan di tanah kelahiran.

Tentunya, lanjut dia, pemerintah tidak hanya cukup melakukan penjemputan saja. Tapi tempat tinggal puluhan warga juga akan dipikirkan. Sehingga warga kembali hidup normal dan beraktivitas seperti biasanya.

"Kami sudah berupaya berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. Untuk segera dibangunkan rumah bagi mereka," ungkapnya.

Dikatakan, pemulangan kali hanya sebanyak 14 KK dengan jumlah 53 orang. Tahap berikutnya juga akan dikakukan dalam waktu cepat. Sehingga, pemulangan direncana terjadi sampai tiga tahap.

Loading...

 

Loading...