Pixel Codejatimnow.com

Cegah Kemacetan Arus Balik Lebaran, Ini Pesan Jokowi ke Pemudik

Editor : Arina Pramudita  
Presiden Joko Widodo saat berlebaran di Yogyakarta. (Foto: Instagram @jokowi/jatimnow.com)
Presiden Joko Widodo saat berlebaran di Yogyakarta. (Foto: Instagram @jokowi/jatimnow.com)

Jakarta - Presiden Joko Widodo mengimbau pemudik kembali dari kampung halaman lebih awal untuk menghindari kemacetan. Ia juga meminta agar masyarakat yang kembali tidak memaksakan perjalanan pada puncak arus balik di hari Sabtu dan Minggu ini.

"Saya mengimbau masyarakat yang mudik agar perjalanan kembali dari kampung halaman dilakukan lebih awal. Jangan bersamaan pada Sabtu atau Minggu untuk menghindari kemacetan di jalan tol, jalan nasional, maupun Pelabuhan di Merak-Bakauheni," tulis Presiden Jokowi di akun Instagram pribadinya, Selasa (3/4/2022).

Imbauan presiden disampaikan agar para pemudik tidak terjebak antrean panjang seperti yang terjadi di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Kepadatan di titik-titik itu disebutnya karena besarnya jumlah pemudik.

Baca juga:
Sapi 1 Ton Asal Lamongan Dibeli Jokowi

"Akan tetapi kita tahu penyebabnya yaitu volume kendaraan yang tidak sebanding dengan kapasitas dermaga. Kapalnya sudah ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Saya kira dermaganya masih harus ditambah," jelasnya.

Di momen Idul Fitri 2022, lanjut Jokowi, menggambarkan antusiasme masyarakat yang sangat besar. Puluhan juta orang disebutnya melakukan tradisi tahunan, mudik.

Baca juga:
Sah! Kepala Desa Bisa Menjabat 16 Tahun, Simak 12 Syaratnya

"Mudik Lebaran tahun ini diikuti begitu banyak orang. Setidaknya 85,5 juta orang, 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini. Banyak sekali," bebernya.