Pixel Code jatimnow.com

KMP Sabuk Nusantara 91 Berhasil Dievakuasi, Cek Kelayakan di Pelabuhan Sapeken

Editor : Arina Pramudita Reporter : Fathor Rahman
KMP Sabuk Nusantara 91 berhasil lepas kandas usai ditarik dari Perairan Sapeken, Sumenep. (Foto: Syafrudin for jatimnow.com)
KMP Sabuk Nusantara 91 berhasil lepas kandas usai ditarik dari Perairan Sapeken, Sumenep. (Foto: Syafrudin for jatimnow.com)

Sumenep - KMP Sabuk Nusantara 91 berhasil lepas kandas melalui proses evakuasi yang dilakukan tim gabungan, Jumat (6/5/2022) siang. Saat ini, kapal penumpang itu tengah menuju dermaga Pelabuhan Sapeken untuk pemeriksaan kelayakan pasca-dilaporkan kandas, Kamis kemarin.

Kepala UPP Kelas III Sapeken, Edi Kuswanto menjelaskan, KM Sabuk Nusantara 91 sudah berhasil lepas kandas pada pukul 12.06 WIB. Kapal ditarik mundur tak lama setelah air laut pasang maksimal.

"Sesuai rencana semula, saat air pasang tertinggi kita akan evakuasi. Kita olah gerak mundur kapal langsung bisa lepas," ucapnya.

Banner Morula IVF Landscape

Baca juga:

Untuk sementara tidak ditemukan adanya kerusakan pada kapal. Termasuk mesin dalam kondisi normal, terlebih sebelum berlayar KMP Sabuk Nusantara 91 baru selesai docking.

Kendati demikian, Edi memastikan kapal wajib dicek ulang. Termasuk pemeriksaan lambung dan dilakukan underwater survey. Jika sudah selesai dan berkondisi baik, maka KMP Sabuk Nusantara 91 bisa melaniutkan perjalanan.

"Kami tidak tahu berapa hari prosesnya. Yang pasti setelah semuanya dicek baik, kita buatkan berita acara untuk dilaporkan ke pusat," jelas Edi.

Loading...

Untuk sementara, KM Sabuk Nusantara 115 tetap dioperasikan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di Pelabuhan Sapeken akibat arus balik mudik Lebaran.

Loading...