Pixel Code jatimnow.com

Cerita Tim BPBD Kota Surabaya saat Menolong Ibu Melahirkan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Tim BPBD Kota Surabaya saat menolong ibu melahirkan (Foto-foto: BPBD Kota Surabaya)
Tim BPBD Kota Surabaya saat menolong ibu melahirkan (Foto-foto: BPBD Kota Surabaya)

Surabaya - Respon cepat yang dilakukan Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Keseahatan dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya membuat Margareta Desy Novia (26) bernafas lega.

Ibu muda asal Tulungagung itu dengan cepat dievakuasi Tim TGC dan TRC BPBD Kota Surabaya ke puskesmas, saat melahirkan bayinya di toilet kamar kosnya di Jalan Raya Wiyung, Surabaya, Senin (9/5/2022).

Kepala BPBD Kota Surabaya, Ridwan Mubarun menyebut, awalnya ibu hamil itu masuk ke dalam toilet kamar kosnya karena mengaku perutnya sakit. Namun saat di dalam, ibu muda itu ternyata melahirkan bayinya.

Banner Morula IVF Landscape

"Ibu ini kemudian memberitahu suaminya. Dari situ suaminya meminta pertolongan ke Command Center 112," ujar Ridwan kepada jatimnow.com.

Setelah mendapat laporan sekitar pukul 15.21 WIB, Tim TGC dan TRC BPBD Kota Surabaya langsung menuju lokasi untuk melakukan pertolongan.

"Alhamdulillah tadi sore telah tertangani. Ibu dan bayinya sehat-sehat, setelah mendapatkan penanganan dan pengecekan awal dari rekan TGC Selatan dan TRC," jelas Ridwan.

Ibu yang dilahirkan selamat dan sehat, begitu pula ibunyaIbu yang dilahirkan selamat dan sehat, begitu pula ibunya

Ridwan menambahkan, dari cerita Gusti Yudhistira Adinegara (28), suami pasien, jadwal kelahiran anaknya diperkirakan pada 20 Mei 2022. Karena itulah pasangan suami istri itu kaget karena belum ada persiapan bersalin.

"Beberapa menit setelah ibu itu ke toilet, suaminya mendengar suara minta tolong. Saat dicek, istrinya sudah dalam keadaan melahirkan," tukasnya.

Tim TGC dan TRC BPBD Kota Surabaya itu lalu membawa ibu dan bayinya ke Puskesmas Wiyung untuk mendapatkan penanganan.

Loading...

"Kondisi ibu dan anak alhamdulillah sehat dan langsung dibawa ke PKM Wiyung dengan menggunakan ambulans. Untuk perawatan lanjut didampingi pihak keluarga," tambah Ridwan.

Untuk diketahui, tim penolong ini merupakan Tim TGC Dinas Kesehatan dan TRC BPBD Kota Surabaya, yang tergabung dalam Tim Kedaruratan 112 Posko Terpadu Surabaya selatan.

Loading...