Pixel Code jatimnow.com

Cara Kampus Swasta di Surabaya Gaet Mahasiswa Baru Eks Peserta SBMPTN

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Ilustrasi proses perkuliahan (Foto: Humas Unusa)
Ilustrasi proses perkuliahan (Foto: Humas Unusa)

Surabaya - Banyak cara dilakukan kampus swasta untuk menggaet calon mahasiswa baru pada Tahun Ajaran 2022 ini. Mulai dari memberikan potongan Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) hingga beasiswa.

Seperti yang dilakukan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) yang memberikan beasiswa dan potongan dana DPP kepada para peserta yang tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Caranya, calon mahasiswa hanya cukup menukarkan skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan skor yang sudah diraihnya untuk ditukar dengan beasiswa dan potongan DPP.

Banner Morula IVF Landscape

Kebijakan yang diambil Unusa ini merupakan bentuk apresiasi terhadap usaha peserta mengikuti seleksi tersebut. Selain itu juga dengan harapan membangkitkan semangat kuliahnya pasca tak diterimanya di kampus negeri.

"Meski tidak lolos, peserta sudah berusaha dalam kompetisi memperebutkan kursi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia. Namun, tidak lolos bukan menjadi akhir segalanya, kesempatan masih terbuka untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) termasuk kesempatan kuliah di Unusa," ujar Kepala Humas dan Marketing Unusa, Sukemi, Rabu (18/5/2022).

"Untuk peserta yang tidak lolos UTBK yang seleksinya cukup ketat, jangan pernah berkecil hati. Masih banyak jalan untuk melanjutkan studi dan meraih cita-cita," imbuhnya.

Unusa memberikan kesempatan bagi peserta SBMPTN untuk menukarkan kartu peserta dan skor UTBK dengan beasiswa yang ada di Unusa. Bukan tanpa sebab, skor UTBK merupakan pencapaian peserta yang harus diapresiasi, yang dalam hal ini berbentuk beasiswa dan potongan DPP di Unusa.

"Peserta UTBK sudah berusaha. Meski tidak lolos, mereka sudah berhasil meraih skor dalam UTBK. Kami dari Unusa ingin mengapresiasi usaha mereka dengan program Tukar Skor UTBK untuk beasiswa," jelas Sukemi.

Peserta yang tidak lolos SBMPTN atau kartu kepesertaanya bisa menukarkannya dan menunjukkan langsung ke panitia penerimaan mahasiswa baru website.

Skor yang diperoleh akan dikonversi menjadi beasiswa dan potongan DPP pada fakultas yang ada di Unusa, di antaranya Fakultas Kesehatan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Teknologi Digital, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Loading...

Bagi calon mahasiswa yang ingin mengenal lebih jauh fakultas, lingkungan dan fasilitas yang ada di Unusa, ada acara info session yang bisa diikuti. Calon mahasiswa bisa berkonsultasi kepada Tim Promosi dan PMB Unusa mengenai pilihan program studi dan jenjang karir.

"Tim Promosi dan PMB kami menyediakan waktu khusus untuk konsultasi sebelum menjatuhkan pilihan. Semoga dengan program ini, skor yang sudah berhasil diraih peserta UTBK atau SBMPTN ini tidak sia-sia dan bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan studi di Unusa," pungkas Sukemi.

Loading...