Pixel Code jatimnow.com

Wagub Jatim Emil Dardak Dukung SMK di Ponorogo Berdaya Saing Global

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mita Kusuma
Emil Dardak saat berada di SMK PGRI 2 Ponorogo (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)
Emil Dardak saat berada di SMK PGRI 2 Ponorogo (Foto: Mita Kusuma/jatimnow.com)

Ponorogo - SMK PGRI 2 Ponorogo menjadi salah satu SMK Nasional Showcase. Langkah ini menjadi penting untuk menyerap tenaga kerja dari siswa SMK.

"Kami mengajak stakeholder menggandeng SMK memiliki daya saing global," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, saat launching SMK Nasional Showcase SMK PGRI 2 Ponorogo, Kamis (12/5/2022).

Dia menjelaskan bahwa SMK PGRI 2 Ponorogo masuk binaan grup Astra. Ini merupakan kerja sama dan sinergi yang sangat baik antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan PT. Astra International TBK.

Banner Morula IVF Landscape

"Saya apresiasi kerja sama antara dunia pendidikan dan industri. Program ini merupakan upaya pengembangan SMK secara mendalam dan menyeluruh mulai dari brainware, software, dan hardware," katanya.

Hal itu dengan mengedepankan kemitraan dan penyelarasan dengan grup Astra untuk menjadikan SMK sebagai pusat rujukan nasional. Seluruh program keahlian akan di -link and match-kan dengan menyesuaikan grup Astra.

"Gol-nya itu dapat meningkatkan kualitas SDM vokasi yang memiliki daya saing global," imbuh mantan Bupati Trenggalek ini.

Perihal angka pengangguran, dia menjelaskan bahwa berdasarkan data angkanya menurun untuk lulusan SMK. Pada 2021 sebesar 9,54 persen sedangkan di 2022 sebesar 7,76 persen.

Dia berharap, program ini akan berpengaruh positif terhadap tingkat pengangguran terbuka (TPT) SMK Jawa Timur.

Sementara itu, Head Social Engagement Astra, Triyanto dan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Wikan Sokarinto memgaku akan menggelontorkan dana total Rp5 miliar.

Dana tersebut bakal digunakan untuk pelatihan, peralatan dan infrastruktur.

Loading...

Sedangkan, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyambut baik program ini. Pihaknya pun bangga SMK PGRI 2 Ponorogo terpilih dari ribuan SMK lain.

"Kami bangga sekaligus bersyukur, SMK PGRI 2 Ponorogo terpilih program Nasional Showcase bekerja sama dengan Astra dan Dirjen. Semoga berjalan lancar," pungkas Giri.

Loading...