Pixel Code jatimnow.com

Mampir Yuk! Di Warung Es Degan Milik Mbak Via

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Yanuar Dedy
Nadila Oktavia, penjual es degan viral. (Foto: Yanuar Dedy/Jatimnow.com)
Nadila Oktavia, penjual es degan viral. (Foto: Yanuar Dedy/Jatimnow.com)

Kediri - Sebuah warung es degan atau kelapa muda di Dusun Sumberagung, Desa Krecek, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, viral di media sosial. Penjualnya yang terbilang cantik mampu mencuri perhatian warganet.

Sang pemilik warung bernama Nadila Oktavia. Usianya baru 20 tahun. Belakangan, dia viral di TikTok dengan akun @mang.gemoyy.

Saat ditemui di lapak jualannya, perempuan yang akrab disapa Via itu mengaku viral sejak November 2021. Bersamaan dengan awal bisnisnya dimulai.

Di akun TikTok, Via mengunggah segala aktivitasnya berjualan es kelapa muda. Atau konten tren TikTok saat gabut menanti pembeli. Tak disangka sejak saat itu, jualan Via langsung laris manis.

Via mengaku pembelinya datang dari berbagai daerah. Lokasinya yang jauh dari pusat Kabupaten Kediri di Kecamatan Pare, tak menghalangi pembeli untuk datang. Pelanggan yang kebanyakan laki-laki itu datang dari Mojokerto, Mojoagung, Kota Kediri, dan Tulungagung. Mereka mengaku tahu dari TikTok.

“Ada ini dari Taiwan, tapi aslinya Tulungagung. Dia ngomong nanti kalau kontrak kerjanya habis di Taiwan, dia mau mampir ke sini,” kata Via, Kamis (19/5/2022) sore.

Pada hari libur, rombongan pesepeda juga rutin mampir. Termasuk marketing-marketing bank atau koperasi yang menjadikannya basecamp.

“Ya semua bilang tahu dari TikTok. Penasaran terus ke sini, sampai remaja di desa sini juga tiba-tiba bilang, katanya konten saya lewat di Fyp mereka,” tambah Via.

Baca juga:
Marak Calon Pengantin Kabur di Magetan dan Madiun, Begini Kata Pemerhati Sosial

Saat ini, akun TikTok Via diikuti 226 ribu pengguna dan mendapat 257,4 ribu suka.

Selain es degan dengan perpaduan jeruk nipis, madu, susu atau sirup yang segar, Via punya jurus agar pelanggannya tak bosan dan betah berlama-lama. Dia mengaku selalu ramah. Dia juga aktif ngobrol dengan mereka. Pun dengan di TikTok, saat tak ada pembeli dia aktif membalas komentar dari warganet.

“Orang itu datang tambah terus nggak pulang-pulang, sampai tiga gelas,” tambah sulung dari dua bersaudara tersebut.

Sejauh ini, tak ada tanggapan negatif dari aktivitasnya di TikTok. Warganet justru banyak yang kagum. Sebab perempuan kelahiran 1 Oktober 2001 itu malah memilih pekerjaan yang lazimnya dilakukan pria. Via menyiapkan semuanya sendiri, termasuk mengupas kelapa muda dengan parang.

Baca juga:
Pria di Kediri Tewas Dihantam Kereta Api Kahuripan Jurusan Kiaracondong-Blitar

“Komentar orang pasti kenapa kok ada cewek kayak gini masih mau jaga warung, apalagi masih muda. Jadi tanggapan orang selama ini positif,” terang Via.

Loading...

Es degan jualan Via mungkin tak jauh berbeda dari umumnya kelapa muda. Tapi, Via punya racikan khusus dan ragam varian rasa. Harganya Rp5 Ribu untuk es degan original dan Rp7 Ribu untuk tambahan madu, susu atau sirup. Sehari, Via bisa menjual 40 gelas es degan sejak warungnya dibuka pagi pukul 08.00 WIB hingga sore.

Bagi yang penasaran, warung es degan milik Via ada di Dusun Sumberagung, Desa Krecek, Kecamatan Badas. Patokannya, perempatan besar Desa Tunglur ke Timur sekitar 3 Km. Lapaknya ada di kiri jalan tak jauh dari gapura KB Desa Krecek.

Loading...