Pixel Codejatimnow.com

KH Ach Fauzan Asal Sampang Dapat Gelar Kebangsawanan dari Keraton Surakarta

Editor : Sofyan Cahyono  Reporter : Fathor Rahman
Pengasuh Ponpes Miftahul Ulum, Karang Durin, Karang Penang Sampang, KH. Ach. Fauzan Zaini (kanan) menerima gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat.(Foto: Spesial for JatimNow)
Pengasuh Ponpes Miftahul Ulum, Karang Durin, Karang Penang Sampang, KH. Ach. Fauzan Zaini (kanan) menerima gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat.(Foto: Spesial for JatimNow)

Sampang - Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum Karang Durin, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, KH. Ach. Fauzan mendapatkan gelar kebangsawanan Kanjeng Raden Tumenggung Hadinegoro. Gelar disematkan langsung Keraton Surakarta atas dedikasi beliau untuk bangsa dan umat.

Keraton Surakarta menyematkan gelar Bangsawan sebagai Kanjeng Raden Tumenggung H. Ach. Fauzan Pujo Negoro tertanggal 20 Mei 2022. Kiai muda kharismatik ini dinilai sudah banyak memberikan kontribusi terhadap bangsa. Kanjeng Raden Tumenggung merupakan gelar kehormatan untuk tokoh atau pemimpin yang diyakini pihak keraton mampu berkarya dan melestarikan budaya serta menjaga keberagaman.

Penyematan gelar tersebut tertuang dalam Serat Kakancingan atau surat yang dikeluarkan Keraton Surakarta dengan Angka: Lda. 22.02.5029. Serta surat ini dibuat Lembaga Dewan Adat dengan Kepmenkumham RI - No. AHU 0039342- AH 01.07 tahun 2016 & No. AH- 0000671. AH 01.08 tahun 2019. Kep. MARI RI No. 330K/Pdt/2020 penetapan PN Surakarta No. 211/Pdt.P/2020/PN.Skt.

Penetapan gelar kehormatan ditandatangani Dewan Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Dra Gray Koes Moertiyah.

"Sebelumnya saya tidak tahu alasan dipanggil Keraton Surakarta. Ternyata diberi gelar kebangsawanan," Ucap KH. Fauzan Zaini.

Baca juga:
Awal 2024 Kemenag Jatim Catat 3 Kasus Kekerasan di Ponpes, 2 Santri Meninggal

Pemberian gelar tersebut menjadi support untuk lebih bersemangat melayani umat. Termasuk dalam mengabdi kepada bangsa dan negara. Dikatakan, gelar tersebut memang diberikan kepada sejumlah tokoh yang dinilai berjasa dalam kemajuan bangsa oleh keraton.

Kiai muda visioner itu juga menyampaikan, penghargaan yang diperolehnya merupakan bentuk apresiasi dalam melestarikan budaya lokal. Sebab, Ponpes Miftahul Ulum di bawah asuhannya tetap mengajarkan budaya lokal yang hampir punah.

"Bagi saya ini adalah gelar dunia, bukan gelar akhirat. Namun, ini menjadi motivasi untuk lebih giat melayani ummat dan memajukan bangsa, " katanya.

Baca juga:
Ponpes Kediri Tempat Santri Banyuwangi yang Tewas Dianiaya Ternyata Tak Berizin

Kanjeng Raden Tumenggung KH. Ach. Fauzan Pujo Hadinegoro saat ini sebagai Pengasuh di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Karang Durin, Sampang. Dia juga sebagai Pengurus Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur. Termasuk sebagai Dewan Penasihat MWC NU Kecamatan Karang Penang. Bahkan, beliau adalah mantan Ketua DPC PKB Sampang.

Saat ini, beliau juga tengah mengelola Perguruan Tinggi agama islam. Yakni, STKIP Az-Zain. Di ponpes ini juga ditarget akan melahirkan banyak generasi bangsa berkualitas.

Menapaki Setengah Abad, SIER Komitmen Maju Berkelanjutan
Ekonomi

Menapaki Setengah Abad, SIER Komitmen Maju Berkelanjutan

"Di usia 50 tahun ini, SIER terus berupaya meningkatkan kinerja dan relevansinya, transformasi dan digitalisasi proses bisnis menjadi pilihan untuk memperbaiki pelayanan bagi seluruh tenant SIER," kata Didik.