Pixel Code jatimnow.com

Mahasiswa Unitomo Sabet Dua Medali Perak SEA Games 2021 Cabor Karate

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Ignatius Joshua Kandau memperagakan aksinya saat kembali ke Kampus Unitomo. (Foto: Humas Unitomo)
Ignatius Joshua Kandau memperagakan aksinya saat kembali ke Kampus Unitomo. (Foto: Humas Unitomo)

Surabaya - Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) menyambut hangat kedatangan Ignatius Joshua Kandau, Rabu (25/5/2022), setelah mengikuti SEA Games Hanoi,Vietnam 2021 cabang olahraga karate. Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) itu berhasil meraih dua medali perak kelas Kumite Perorangan dan Beregu 75 Kg Putra.

Jajaran Rektorat bersama struktural FEB menyambut hangat Joshua, dengan memberi beasiswa SPP 100%. Selain itu ada sejumlah kemudahan dalam proses akademik agar perkuliahan bisa tetap diikuti dengan baik sesuai kaidah akademik, serta beasiswa penuh untuk melanjutkan ke S2.

Menurut Rektor Unitomo Siti Marwiyah, pihaknya memberikan dukungan penuh kepada mahasiswa agar bisa berprestasi baik akademik maupun non-akademik.

“Saya pastikan dosen wali dan para dosen pengampu mata kuliah yang Joshua ambil, untuk mendukung agar Joshua bisa memenuhi semua agenda akademiknya, agar prestasi bisa tetap jalan, namun kewajiban akademik juga tidak terganggu," ungkap Doktor Bidang Hukum Tata Negara ini.

Siti Marwiyah menambahkan, dengan bidang akademik akan membuat kebijakan agar mawasiswa berprestasi seperti Joshua tidak perlu menyusun skripsi, namun jurnal ilmiah yang berisikan laporan selama meraih prestasi.

"Joshua akan kita jadikan role model bagi atlet berprestasi lainnya, di tengah kesibukan selama pertandingan masih tekun akan akademiknya. Jadi, saat menjelang lulus nanti jurnal ilmiahnya bisa jadi motivasi bagi mahasiswa lainnya," imbuhnya.

Baca juga:
Menjumpai Ronald Bintang, Pemuda Kota Probolinggo Peraih Perunggu Sea Games 2021

Siti Marwiyah akan mendorong agar Joshua bisa menorehkan prestasi bukan hanya di SEA Games, melainkan di ajang kompetisi lainnya.

“Jangan cepat puas dengan capaian ini, torehkan prestasi-prestasi lain hingga tingkat internasional lainnya. Kami mendukungmu, karena selain nantinya akan mengharumkan nama bangsa dan negara, nama almamater pun juga akan terangkat," paparnya.

Sementara itu, Bambang Raditya Purnomo, Wakil Dekan Bidang Akademik FEB Unitomo mengatakan Joshua salah satu mahasiswa yang rajin mengikuti perkuliahan meski jadwal latihannya dalam memersiapkan berbagai ajang kompetisi begitu padat.

"Meski demikian kami tetap memastikan untuk memberi kemudahan proses akademik seperti yang sudah Bu Rektor sampaikan, terlebih dalam waktu dekat Joshua akan menghadapi Ujian Tengah Semester," ujarnya.

Baca juga:
Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022, Unitomo Teken Nota Kesepahaman dengan BNPB

Sementara itu, Joshua mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi yang ditorehkan. Segala apresiasi yang dia dapatkan membuat dirinya bersemangat untuk mengukir prestasi sekaligus kuliah.

Loading...

“Terima kasih atas segala apresiasi ini. Semoga ke depan saya bisa lebih fokus dalam mempersiapkan diri menghadapi ajang-ajang berikutnya. Ke depan, mudahan-mudahan bisa mengikuti ajang ASIAN Games dan kembali meraih juara, mohon doa restunya," katanya.

Loading...