Pixel Code jatimnow.com

Ini Alasan Orang Tua Tega Buang Bayinya di Songgoriti Kota Batu

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Petugas kepolisian saat melihat bayi dibuang di RS Bhayangkara Hasta Brata. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Petugas kepolisian saat melihat bayi dibuang di RS Bhayangkara Hasta Brata. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

Kota Batu - Takut dan kebingungan menjadi motif HDC dan IWD nekat membuang bayinya sendiri di kawasan Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu kemarin sekitar pukul 8.29 WIB, Minggu (29/5/2022).

Hal itu disampaikan Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Yussi Purwanto. Keterangan itu didapat setelah pihaknya mengamankan dan memintai keterangan kedua pelaku.

"Mereka membuang bayi tersebut karena takut ketahuan orang tuanya, sebab keduanya belum menikah dan kurang mampu," ujarnya, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: Pembuang Bayi di Songgoriti, Kota Batu Ditangkap!

Saat ini ibu bayi tengah menjalani perawatan pasca-melahirkan. Karena ketika diamankan di salah satu villa di daerah Songgoriti kondisinya masih belum sehat.

Baca juga:
Pilihan Pembaca: Bayi Dibuang, Tabrakan di Krian, Anak Hilang

"Jadi bayi itu dilahirkan di sebuah villa setempat, setelah lahir keduanya bingung akhirnya dibuang. Untuk kondisi bayi sudah sehat, kemarin drop karena kedinginan. Ibunya juga begitu sedang menjalani perawatan, kalau ayah bayi sekarang tengah kita amankan untuk menjalani proses hukum," tegasnya.

Meski begitu dalam perkara ini Satreskrim Polres Batu bakal mengedepankan penyelesaian kasus melalui Restorative Justice, tapi akan ada asesmen terlebih dahulu.

Baca juga:
Pembuang Bayi di Songgoriti, Kota Batu Ditangkap!

"Bila ada hasil dari asesmen kita juga akan pertemukan pasangan tersebut dengan didampingi orang tuanya. Semua itu demi menegakkan nilai kemanusian serta memberikan kepastian siapa nanti yang merawat bayi itu. Kan lebih baik dirawat orang tuanya," imbuh dia.

Loading...

Sebelumnya tak sampai 24 jam usai dibuang dan ditemukan pada pukul 8.30 Wib, Minggu (29/5/2022) pihak kepolisian berhasil mengungkap orang tua yang tega membuang bayi.

Loading...