Pixel Codejatimnow.com

Rumah di Kota Malang Terbakar, Diduga Akibat Bara Kemenyan

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Achmad Titan
Rumah di Kota Malang yang terbakar (Foto: Tangkapan layar video warga sekitar)
Rumah di Kota Malang yang terbakar (Foto: Tangkapan layar video warga sekitar)

Kota Malang - Sebuah rumah di Jalan Kolonel Sugiyono Gang 2, Kelurahan Ciptomulyo, Kecamatan Sukun, Kota Malang terbakar, Senin (30/5/2022). Kebakaran terjadi diduga akibat bara kemenyan pemilik rumah.

Saksi mata, Muji Raharjo mengatakan, saat melihat api membumbung tinggi, warga kebingungan memadamkan api yang muncul dari lantai 2 rumah tersebut. Sebab wilayah itu merupakan daerah padat penduduk.

Diketahui rumah yang terbakar itu milik Poniman (80). Api pertama kali muncul sekitar pukul 11.30 Wib. Beruntung saat kebakaran terjadi, penghuni sedang berjualan di pasar.

"Tadi warga langsung berusaha memadamkan api, tapi tidak mampu. Untungnya tak lama petugas pemadaman segera datang dan langsung melakukan pemadaman dibantu warga sekitar," ujar Muji.

Baca juga:
Bakar Baju Bekas, Rumah Warga di Tulungagung Ludes Terbakar

Menurut Muji, pemilik rumah merupakan orang kejawen, sehingga acap kali membakar kemenyan.

"Memang orangnya kejawen, jadi sudah biasa kalau membakar kemenyan. Dan kebakaran ini baru pertama kalinya," tambah dia.

Baca juga:
Kebakaran Rumah di Tambak Sumur Sidoarjo, 1 Orang Luka Berat

Sementara Danru 2 UPT PMK Kota Malang, Anang Yuwono menjelaskan, penyebab kebakaran yaitu abu dari kemenyan yang masih menyisakan bara. Bara kemenyan itu mengenai barang yang mudah terbakar di rumah tersebut.

"Api membesar dengan cepat dan melahap ruangan di lantai dua. Apalagi di ruang itu banyak barang bekas yang mudah terbakar," terang Anang.