Pixel Code jatimnow.com

Sukses Bangkitkan UMKM, Ning Ita Dipercaya Kembali Jadi Pembicara ISPE

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.(Foto: Vandi for jatimnow.com)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.(Foto: Vandi for jatimnow.com)

Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari kembali dipercaya menjadi narasumber dalam forum Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) 2022 yang diselenggarakan di Bali. Ini merupakan forum yang diinisiasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Kreen Indonesia berkolaborasi bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah(LKPP) dan Asosiasi Katalog Elektronik Nasional (AKEN).

Ning Ita, sapaan akrab Ika Puspitasari, dinilai berhasil menghidupkan dan memajukan kembali industri pengadaan barang dan jasa serta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di masa pandemi Covid-19. Ia akan membahas mengenai belanja langsung pengadaan dan langkah-langkah digitalisasi untuk UMKM. Seperti diketahui, sejak dilantik Ning Ita terus berkomitmen dan berusaha memunculkan potensi sektor perdagangan barang dan jasa. Khususnya terhadap UMKM di Kota Mojokerto.

"Sejak 2019 kami sudah membuat Mojomarket, dan 2020 kami lakukan kerja sama dengan PT Meeber Teknologi Indonesia untuk fasilitasi pemasaran di masa pandemi dan berbagai program seperti inkubasi wirausaha. Di awal 2021 lalu, kami lakukan kerja sama bela pengadaan dengan kotamojokerto.bhinneka.com. Kemudian dengan Grab, dan pada akhir 2021 Pemkot Mojokerto juga bisa membangun e-marketplace tanpa anggaran yaitu griyaumkmmojokertokota.com untuk pengembangan UMKM di Kota Mojokerto," kata Ning Ita, Kamis (2/6/2022).

Untuk meningkatkan kemampuan para pelaku UMKM di Kota Mojokerto, Ning Ita juga memerintahkan berbagai dinas bekerja sama melalui program "keroyokan" lintas OPD. Tujuannya agar saling bersinergi untuk menyejahterakan masyarakat Kota Mojokerto. Hingga 2022, telah dilakukan fasilitasi 73 UMKM masuk ke etalase e-katalog LKPP.

Baca juga:
Potensi Ekspor, UMKM Kota Mojokerto Dilirik Dirjen Amerika-Eropa Kemenlu RI

Selain itu, Pemkot Mojokerto telah mendorong adanya digitalisasi UMKM dengan belanja pengadaan. Salah satu caranya adalah bekerjasama dengan e-marketplace.

"Kami juga mendorong 400 UMKM untuk ikut programnya Kominfo melalui aplikasi jubelio. Kami entry 1 kali di jubelio akan muncul di 8 kanal e marketplace yang sudah terkenal seperti Toped, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, Elevenia, Zalora, dan WooCommerce," jelas Ning Ita.

Baca juga:
Kemeriahan Hari Lahir Pancasila di Sekolah Soekarno Kecil, Kota Mojokerto

Melalui kerja yang terstruktur dan terukur ini pula yang kemudian membawa Ning Ita berhasil meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Mojokerto. Khususnya pelaku UMKM.

Loading...
Loading...