Pixel Code jatimnow.com

Manfaat Ganda Lensa Premium pada Operasi Katarak

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Pasien melakukan konsultasi tentang Lensa Premium di Klinik KMU (Foto: Dok. Klinik KMU for jatimnow.com)
Pasien melakukan konsultasi tentang Lensa Premium di Klinik KMU (Foto: Dok. Klinik KMU for jatimnow.com)

Surabaya - Tindakan operasi merupakan satu-satunya solusi bagi penderita katarak agar bisa kembali melihat secara normal. Operasi katarak ternyata mampu menyembuhkan kelainan refraksi (mata minus).

Hal ini bisa terjadi, bila penderita katarak menggunakan prosedur atau tindakan Operasi Katarak Phacoemulsification (tanpa jahit) dengan menggunakan lensa premium atau IOLs Premium yang bisa ditemui di Klinik KMU seluruh Jawa Timur.

Direktur Klinik KMU Kabupaten Gresik, Dokter Spesialis Mata dr. Uyik Unari menjelaskan, lensa premium adalah lensa tanam yang diperuntukkan pada operasi katarak.

Terobosan lensa tersebut bukan hal yang baru. Namun karena tak banyak teknologi yang bisa menanam pengobatan tersebut, seakan jarang terdengar di telinga masyarakat.

"Sebenarnya bukan baru, namun banyak masyarakat yang baru tahu dan memilih menggunakan lensa premium untuk meningkatkan kualitas hidup mereka," ujar dr Uyik dalam keterangan resminya, Jumat (3/6/2022).

Mengapa dikatakan meningkatkan kualitas dari operasi katarak?

"Jadi, selain sembuh dari katarak, pasien juga akan bebas dari kacamata. Kebanyakan penderita katarak yang sudah sepuh ini, pastinya bisa bebas dari kacamata baca," lanjutnya.

Selain itu, sejumlah manfaat lebih juga diberikan oleh lensa premium pada operasi katarak, di antaranya pengguna tak perlu membutuhkan bantuan kacamata lagi, lebih nyaman saat beraktivitas karena mengurangi rasa tidak nyaman atau mengganjal pada mata, mengatasi kelainan refrakasi (minus atau rabun dekat), serta lebih adaptif dengan cahaya (tidak lagi silau bila terkena cahaya berlebihan).

Baca juga:
Dokter dan Klinik Mata di Surabaya Diwajibkan Bayar Ganti Rugi Rp1,2 Miliar

"Pasien harus melakukan konsultasi lebih detail dengan dokter spesialis mata yang akan menangani operasi katarak untuk menentukan jenis lensa terbaik bagi keluarganya atua dirinya sendiri," jelas dia.

Sehingga, pasien akan mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam satu tindakan operasi. Tak heran bila operasi katarak menggunakan lensa premium (IOLs Premium) ini disebut serasa Lasik, atau membebaskan pasien dari kelainan mata minus.

"Tapi perlu diingat, Prosedur Operasi Lasik dan Operasi Katarak (Lensa Premium) ini berbeda ya," imbuhnya.

Juga perlu dicatat, operasi yang bisa membebaskan penderita katarak dari kacamata minus atau silinder ini hanya diperuntukkan bagi penderita yang juga mengalami kelainan refraksi.

Baca juga:
Puluhan Warga Nganjuk Ikuti Operasi Katarak Gratis HPN 2020

"Harapannya, dengan adanya lensa premium ini maka masyarakat dapat melihat lebih jelas, terbebas dari katarak dan juga kelainan refraksi, yang tentunya meningkatkan kualitas hidupnya," sambung dr Uyik.

Loading...

Sementara Lilik (26), warga Giri, Sidomukti, Gresik yang mengaku tertarik dengan teknologi baru itu mengatakan bahwa dirinya sedang mempersiapkan keperluan orangtuanya untuk melakukan operasi katarak dengan lensa premium. Adanya kelainan refraksi minus pada orangtuanya, membuat ia memilih lensa premium ini.

"Pilihan yang tepat dan sangat membantu untuk dua masalah atau keluhan sekaligus," ucap Lilik.

Loading...