Pixel Code jatimnow.com

Dorong Sport Tourism, HIPMI Jatim Gelar Indonesia Sprint Rally 2022

Editor : Arina Pramudita Reporter : Zain Ahmad
Jatim menjadi tuan rumah kejuaraan Nasional Sprint Rally. (Foto: HIPMI Jatim/jatimnow.com)
Jatim menjadi tuan rumah kejuaraan Nasional Sprint Rally. (Foto: HIPMI Jatim/jatimnow.com)

Surabaya - Setelah lima tahun vakum, Jawa Timur akhirnya kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally. Menariknya, pada seri pembuka yang berlangsung di Jawa Timur, penyelenggara event ini adalah BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur yang tentu dengan menggandeng Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Ajang adu kecepatan mobil ini akan diselenggarakan di kawasan Lawang, Malang, Jawa Timur pada 22-24 Juli 2022.

Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Timur, Rois Sunandar Maming mengatakan, keterlibatan HIPMI Jatim di ajang Indonesia Sprint Rally 2022 tersebut adalah untuk memasyarakatkan olahraga otomotif, khususnya rally, serta dapat menumbuhkan iklim "sport tourism" di Jawa Timur.

"Tak hanya itu, seiring dengan melandainya kasus Covid-19 dan mendorong pemulihan perekonomian, kami mengemas event ini dengan berbagai kegiatan, seperti bazaar UMKM, rally wisata, dan hiburan rakyat," kata Rois, Minggu (5/6/2022).

Pihaknya berharap dengan digelarnya event yang memadukan antara olahraga otomotif, ekonomi, dan pariwisata ini akan bisa ikut membantu membangkitkan perekonomian, bisa mengangkat potensi destinasi wisata, serta pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Firesa Erik, Ketua Bidang Perhubungan dan BUMN sekaligus Wakil Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Rally HIPMI Jawa Timur mengungkapkan jika Jawa Timur memiliki banyak potensi, baik itu pariwisata, hingga anak-anak muda penggemar olahraga otomotif.

"Ini yang harus kita dorong bahwa Jawa Timur harus maju," ujarnya.

Untuk memberikan daya tarik bagi masyarakat, lanjut Erik, pada ajang Indonesia Sprint Rally 2022 nanti akan diikuti oleh pembalap-pembalap rally nasional. Tak hanya itu, rencananya akan ada 11 unit mobil R5 atau sekelas WRC (World Rally Championship).

"11 Mobil itu akan turun dan masyarakat bisa melihat secara dekat mobil sekelas WRC. Dan ini yang pertama ada di Kejurnas Rally," tambah dia.

Indonesia Sprint Rally 2022 di Lawang, Malang itu sendiri akan berlangsung 2 round dengan lintasan yang menantang namun sangat menarik. Bahkan pihak panitia mengupayakan akan ada gelaran rally malam hari.

Baca juga:
Rakerda BPD HIPMI Jatim 2022, Ini 3 Pesan Penting LaNyalla

Untuk itu, pihaknya berharap event tersebut bisa diikuti oleh masyarakat umum dan pembalap muda, baik pada kegiatan sprint rally, rally wisata, maupun bazaar UMKM.

"Kami juga ingin membawa pesan kepada masyarakat bahwa olahraga rally itu bukan olahraga mahal, karena semua punya kesempatan, dan HIPMI Jatim mewadahi," ujar Erik.

Dia menambahkan bahwa pada Sprint Rally itu nantinya akan ditayangkan secara streaming dan real time. Dan untuk memberi semangat kepada masyarakat dan peserta, HIPMI Jatim menyediakan beragam hadiah spektakuler pada ajang kali ini.

"Ada hadiah mobil loh bagi juara sprint rally," sebutnya.

Sementara Ketua Bidang Parekraf, Koperasi dan UKM BPD HIPMI Jatim, Richdjoe menambahkan, pihaknya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari even kecepatan mobil bergengsi tersebut, mengingat ini adalah hal baru di event tersebut.

Baca juga:
Eks Ketua Umum HIPMI Jatim Berbagi Pengalaman dan Strategi Bisnis Cerdas

"Penyelenggara event otomotif oleh organisasi yang berkecimpung di dunia otomotif itu sudah biasa. Tapi penyelenggara even sekelas Kejurnas Rally oleh organisasi non otomotif, ini yang pertama," katanya.

Loading...

Pada Kejurnas Rally itu nanti akan ada beberapa kelas yang dilombakan, mulai kelas mobil berpenggerak roda belakang untuk 1500 cc, 1600 cc, dan 2000 cc. Ada juga kelas M dengan FWD, kelas Jeep, hingga kelas Eksebisi Jeep 1000cc.

"Semua peserta atau kendaraan yang dilombakan tentunya harus mengikuti regulasi yang ditetapkan IMI," papar Richdjoe.

Terkait tiket masuk, dia memastikan bahwa even tersebut adalah untuk memberikan kesempatan dan hiburan kepada masyarakat Jawa Timur, sehingga panitia tidak menarik penjualan tiket alias gratis.

"Bagi masyarakat maupun peserta, silakan lihat dan follow akun Instagram di @bpdhipmijatim untuk segala informasi terkait HIPMI Jatim dan event ini," pungkasnya.

Loading...