Pilgub Jatim, Jumlah Alat Peraga Kampanye di Banyuwangi Dibatasi

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Satpol PP Banyuwangi saat menertibkan Alat Peraga Kampanye liar.

jatimnow.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi melalui Komisioner Divisi Sosialisasi, Jamaludin telah menyampaikan jumlah batasan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim ini.

Jumlah APK yang diperbolehkan beredar sebanyak 3.466. Jamaludin menjelaskan, APK yang dimaksud terdiri dari baliho, spanduk, dan umbul-umbul. Sedang, jumlah APK yang diperbolehkan dicetak sendiri dan dipasang tidak boleh lebih dari 1.723 buah.

Hal ini harus ditaati oleh masing-masing tim kampanye Paslon Cagub-Cawagub 1 dan 2. Jamaludin menegaskan bahwa diluar jumlah yang disebutkan, dianggap liar.

Berdasarkan hasil kesepakatan antara KPU Provinsi Jatim bersama masing-masing tim kampanye terkait jumlah APK berbeda-beda di setiap kabupaten/ kota.

Rinciannya, untuk di Banyuwangi jumlah baliho tidak lebih dari 13 buah se kabupaten, spanduk 625 buah, dan 1.095 buah untuk umbul-umbul. Totalnya 1.723 buah untuk masing-masing tim kampanye paslon 1 dan 2 di Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari 25 kecamatan dan 217 desa/ kelurahan.

“Untuk pencetakan APK yang difasilitasi oleh KPU, baliho 5, spanduk 10 per kecamatan, dan 2 umbul-umbul per desa. Sementara untuk yang 150 persen dari jumlah APK itu diserahkan ke tim kampanye masing-masing dengan ketentuan desain dan materinya sesuai yang dikeluarkan dan disepakati tim kampanye dan oleh KPU provinsi,” terang Jamal kepada jatimnow.com, Rabu (7/3/2018).

Namun demikian, lanjut Jamal, untuk titik-titik lokasi pemasangan APK masih dalam proses pengajuan permohonan SK kepada KPU Provinsi.

Infromasi tersebut, telah disampaikannya kepada seluruh stake holder yang terlibat dalam kegiatan Pilgub Jatim, mulai dari pihak kepolisian, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Panwaslu, dan Satpol PP Banyuwangi.

“Informasi tersebut juga telah kita sampaikan kepada ketua tim kampanye masing-masing. Kalau untuk tempat belum, karena belum ada SK dan lokasi yang kita ajukan masih dikaji ulang,” ujarnya.

Reporter: Hafiluddin Ahmad

Editor: Arif Ardianto

 

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter