Pixel Code jatimnow.com

17 Mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya Lolos Seleksi Beasiswa IISMA 2022

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Farizal Tito
Mahasiswa UC Surabaya penerima beasiswa IISMA 2022.(Foto: Humas Universitas Ciputra Surabaya for Jatimnow.com)
Mahasiswa UC Surabaya penerima beasiswa IISMA 2022.(Foto: Humas Universitas Ciputra Surabaya for Jatimnow.com)

Surabaya - Sebanyak 17 mahasiswa Universitas Ciputra (UC) Surabaya menjadi calon penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan menjadi jumlah terbanyak untuk kampus swasta se-Jawa Timur (Jatim).

IISMA merupakan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

“Tahun ini ada 17 mahasiswa yang lolos mengikuti IISMA 2022. Jumlah ini meningkat, tahun kemarin tercatat 12 orang yang lolos IISMA 2021,” tutur Kepala Kerja Sama (KUI) UC Surabaya Suryani Halim, Senin (6/6/2022).

Untuk keikutsertaan tahun ke-2, pihak UC Surabaya menerapkan strategi dan melakukan pembenahan atas capaian tahun sebelumnya. Strategi itu di antaranya melakukan sosialisasi program lebih awal kepada mahasiswa, bekerja sama dengan program studi dalam hal mempersiapkan mahasiswa dan proses seleksi.

“Kami melakukan awareness lebih awal tentang program IISMA kepada mahasiswa semester 4-7. Mendorong mereka juga untuk mencari informasi tentang kampus tujuan IISMA 2022 dan program yang bisa dipelajari di sana. Dari pengalaman IISMA 2021, kami berbenah sehingga lebih banyak lagi mahasiswa yang lolos dalam program ini," jelas Suryani.

Baca juga:
Targetkan 55 Ribu Penerima Beasiswa, Indosat Ooredoo Hutchison Gelar IDCamp 2022

Tak hanya itu, Pihak UC Surabaya juga mengundang para mantan peraih IISMA 2021 untuk menceritakan pengalamannya kepada adik kelasnya.

“Supaya mahasiswa mendapat gambaran manfaat mengikuti program ini, kami juga mengundang mahasiswa peserta ISSMA 2021 untuk bisa sharing pengalaman. Setelah itu, kami juga informasikan untuk mahasiswa bisa mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari seperti sertifikat TOEFL iBT/Paper-based/IELTS/Duolingo," urainya.

Baca juga:
Apresiasi Pengabdian, Mas Dhito Beri Beasiswa untuk Anak Guru Honorer di Kediri

Dia menjabarkan kenapa kampusnya selalu semangat mengejar memperoleh slot IISMA. Sebab para mahasiswanya bisa menambah wawasan hingga membantu mempresentasikan kultur budaya di Indonesia pada tingkat Internasional.

Loading...

"Selain itu diharapkan bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk beradaptasi terhadap budaya global, lebih percaya diri dan mampu bergaul dalam bahasa global. Sehingga mereka juga bisa mengaplikasikan pada inovasi kembali di Indonesia," tukasnya.

Loading...